Friday , May 25 2018

TRISULA PROGRAM,SASARAN KERJA PEMKAB MAMUJU DITAHUN 2016

KandoraNews.com

HMS (Dian Hardianti Lestari).

Mamuju,(07/14/15),Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mamuju yang berakhir ditahun 2015, membuat kabupaten ini mengadopsi program nasional untuk rencana kerja tahun 2016 mendatang. Hanya bedanya, program nasional yang berisi sembilan program prioritas dimana dikenal dengan sebutan Nawa Cita itu lebih dikerucutkan oleh Kab. Mamuju hingga menjadi tiga program utama yang diistilahkan Trisula Program.

Hal tersebut dijelaskan oleh Bupati Mamuju, Dr. H. Suhardi Duka saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Mamuju dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2016, di Ruang Pola Kantor Bupati Mamuju, Selasa, 7 April 2015. Ia memaparkan, Trisula Program yang dimaksud ialah yang pertama Peningkatan pelayanan publik, yang kedua, peningkatan daya saing daerah atau daya saing ekonomi nasional, serta yang ketiga adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Suhardi Duka menjelaskan, untuk point pertama dari Trisula Program yakni peningkatan pelayanan publik, intinya ada pada reformasi birokrasi serta peningkatan integritas birokrasi. Olehnya itu, pihaknya telah mengubah sistem pelayanan dengan mempermudah, mempermurah dan mempercepat, serta membuka peluang investasi yang ada didaerah Mamuju. Terbukti dengan diresmikannya kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) beberapa waktu lalu.

“Saya kira pelayanan publik ini menjadi perhatian khusus dalam mengimplementasi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah-Red) 2016 nantinya” sebut Suhardi Duka.

Kemudian mengenai daya saing daerah, Bupati dua periode ini menyebutkan bahwa hal tersebut ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) dan paket kebijakan ekonomi dari nasional yang kemudian diimplementasi di daerah. Utamanya, lanjut Suhardi Duka, pada produk-produk unggulan Kabupaten Mamuju seperti kakao, kelapa sawit, juga pangan. Disebutkan, angka produksi kakao di Kab. Mamuju , mencapai 3 Ton perhektar pertahun, angka tersebut telah melewati target yang ditentukan Gerakan Nasional (Gernas) Kakao yang dipasang pada angka produksi 2,5 Ton perhektar pertahun. Begitupun dengan produksi sawit, ia menjelaskan, harga jual sawit adalah Rp.1.800/Kg, yang jika dikalkulasi, orang yang memiliki kebun kelapa sawit kurang lebih 2 Hektar, dapat menghasilkan 10 juta rupiah. Sedangkan mengenai produk unggulan yang ketiga, yakni produksi pangan, dalam hal ini adalah beras, Kabupaten Mamuju telah dikenal sebagai daerah swasembada pangan di Sulawesi Barat bersama dengan Kabupaten Polewali Mandar.

“Kalau ini lebih kita tingkatkan terus menerus, petani kita akan memiliki tingkat kesejateraan yang lebih tinggi dan daya saing yang lebih bagus, dengan harapan bahwa kualitas produk-produk unggul kita akan jauh meningkat.” Harapnya.

Untuk point ketiga dari program Trisula, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat, Bupati yang akrab disapa SDK ini mengatakan bahwa tingkat kesejahteraan ditunjang oleh daya dukung ekonomidan paket kebijakan yang memihak pada masyarakat lemah. Utamanya, mempertahankan kebijakan disektor pendidikan seperti sekolah gratis dan beasiswa bagi anak berprestasi yang masuk perguruan tinggi negeri. Pun disektor kesehatan, memberi layanan kesehatan gratis yang lebih berkeadilan. Juga disektor pertanian, yang memberi paket bantuan, hibah kepada masyarakat untuk mendorong tingkat produktifitas masyarakat.

Pada Musrembang Kabupaten yang bertema Meningkatkan Perekonomian Daerah Untuk Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkelanjutan, Suhardi Duka berharap rangkaian program kerja yang ia sebutkan tersebut dapat terjabarkan dengan baik, serta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Mamuju terintegrasi antara satu dengan yang lain. Dengan begitu dirinya meyakini, APBD tahun 2016 akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mamuju.

“walaupun kecil jumlahnya, tetapi penempatannya tepat, efisien dan efektif, hasilnya akan dirasakan oleh masyarakat.” Pungkasnya.

(AD)

 

Comments

comments

Check Also

Temui Gubernur, SDK Sampaikan Dua Poin Ini

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Untuk kesekian kalinya, Ketua DPD Demokrat Sulawesi Barat, Suhardi Duka bertandang ke kantor …

Adventorial