Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Friday , September 21 2018

” Tradisi Ziarah Kubur di Kabuloang Masih sangat Kental”

KandoraNews.com

Mamuju , (17/04/15) Tradis Ziarah kubur ke makam para ulama atau yang lebih dikenal To Salama pada Masyarakat Kabuloang masih sangat kental.

Sala satu daerah yang ada yang ada di Kecamatan Kalukku yakni Dusun Kabuloang yang merupakan daerah yang masih mempertahankan tradisi Ziarah kemakam para ulama atau Tosalam dalam istilah bahasa Mamuju.

Papa’ Amma sala seorang toko mayarakat mengatakan bahwa,sudah merupakan sebuah kebiasaan masyarakat yang ada di daerah kami untuk berziarah ke makam para ulama yang dianggap Mansyur seperti sala satunya adalah Tongguru Ponji yang makamnya ada di belakang Masjid Raudhatul Abidin Kabuloang.

Beliau ini adalah sala satu guru yang memiliki sumbangsi terhadap masyarakat kabuloang,semasa hidupnya memang didedikasikan untuk mengajarkan ilmu ilmu agama,sehingga adalah hal yang wajar ketika kami senantiasa mengenag almarhum Tongguru Ponji,Ungkapnya.

Ditempat yang berbeda Hamsi atau yang lebih akrab disapa uwe’na Masrani bertempat di desa Ba’balalang mengatakan Bahwa,begitu banyak Barkah yang nampak pada saat Tongguru Ponji masih hidup,dimana suatu ketika saya berdagang ayam,pada saat itu semua ayam terserang penyakit.

Namun saya meminta Beliau untuk mendoakan agar ayam saya tidak terserang penyakit,dan pada saat itu pula syukur Alhamdu Lillah ayam saya masih sehat serta begitu banyak keuntungan yang saya dapat,Tuturnya.

Masih banyak lagi hal hal yang menjadi keberkahan Tongguru Ponji semasa hidup dan matinya,sehingga kami menganggap bahwa dia adalah guru dan masuk dalam golongan Tosalama.Kunci Hamsi Saat ditemui dikediamannya (17/04/15).

(AD)

Comments

comments

Check Also

Sambut Hut RI ke-73, Bupati Mamuju Buka Turnamen Olahraga dan Seni di Bebanga

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Warga Kelurahan  Bebanga antusias menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke- 73, ini …

Adventorial