Sunday , April 21 2019

Todukustik dan Alfine Siap ‘Goyang’ Manakarra Local Wisdom

MAMUJU, kandoranews.com – Even Manakarra Local Wisdom dipastikan akan digelar 12 hingga 14 Juli 2017 mendatang. Kegiatan yang dudaulat sebagai salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun Mamuju yang ke-477 itu bakal menampilkan deretan permainan tradisional yang pernah trend di era 90-an.

Tak hanya itu saja, di Manakara Local Wisdom juga akan diadakan lomba foto bertajuk tarung foto, pameran fotografi, serta penampilan dari beberapa penggiat seni di Mamuju, Sulawesi Barat.

Dua band papan atas di Sulawesi Barat juga dipastikan ikut ambil bagian pada gelaran Manakarra Local Wisdom nanti. Keduanya ialah Alfine dari Mamuju serta Todikustik asal Polman.

Todikustik, adalah band asal Polman yang lebih banyak memainkan musik jazz. Khusus untuk even Manakarra Local Wisdom nanti, Todikustik menjanjikan penampilan spesial untuk menghibur para yang nanti berkumpul di kompleks rumah adat Mamuju; tempat pelaksanaan Manakarra Local Wisdom.

“Kami siap untuk menghibur para pengunjung Manakarra Local Wisdom. Akan banyak kejutan dari kami. Jadi, datang ke acara tersebut,” ungkap violin Todikustik, Koko saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Band yang digawangi Hasan (gitar), Sem (bass), Mamat (vocal 1), Annisa Rahman (Vocal 2), Ian (drum), serta Koko (biola) tersebut rencananya akan membawakan beberapa nomor lagu daerah. Spesialnya, lagu daerah tersebut akan dibawakan dengan sentuhan aransemen yang lebih berwarna.

“Kita mainkan musik jazz, pop, melayu, dan beragam genre lainnya,” sambung Koko.

Persiapan jelang Manakarra Local Wisdom juga tengah dilakukan oleh Alfine. Band kaya pengalaman yang diisi oleh personel-personel jempolan itu juga menjanjikan penampilan spesial untuk menghibur para pengunjung. Herul penggebuk drum Alfine menyebut, saat ini, ia dan rekan-rekan yang lain sedang disibukkan oleh aktivitas latihan menuju Manakarra Local Wisdom.

“Anak-anak sekarang lagi sibuk latihan. Kami tahu, even itu cukup besar. Makanya, kami tak ingin setengah-setengah. Kami harus mampu membayar kepercayaan panitia penyelenggara dengan menampilkan sesuatu yang spesial,” sebut Herul saat dihubungi via telepon.

Seperti Todikustik, Alfine juga akan membawakan beberapa lagu daerah. Lagu yang sebelumnya telah familiar di telinga masyarakat. Bedanya, Alfine juga akan memberi sentuhan aransemen berbeda pada lagu daerah yang akan dibawakan nanti.

“Datang saja lah nanti. Kami akan memberikan sesuatu yang berbeda. Kepada penyelenggara, jangan khawatir, kami akan memberikan sajian hiburan yang beda di Manakarra Local Wisdom. Jadi, datang ki semua,” kata Herul.

Alfine sendiri berisikan beberapa player jempolan Sulawesi Barat. Mereka diantaranya, Herul (drum), Iwa (gitar), Udhet (bass), Abhe (Vocal), Nova (keyboard), serta Anggi (perkusi).

Panitia penyelenggara Manakarra Local Wisdom kini sisa disibukkan oleh finishing persiapan even tersebut. Mulai dari set venue acara, persiapan aneka permainan tradisional, serta rangkaian persiapan administrasi lainnya. (Ra/Naf)

Check Also

Kapolda Sulbar Terus Himbau Jaga Kondusifitas Pasca Pemilu

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Ucapan terima kasih Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs Baharudin Djafar kepada seluruh …