Thursday , March 21 2019

TNI/Polri Siapkan 3.296 Personil Amankan Pemilu Serentak di Sulbar

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Dalam mengamankan kelancaran pemilihan umum (Pemilu) 14 April 2017 mendatang di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepolisian Daerah Sulawesi Barat bakal menurunkan personilnya sebanyak 2.089 ditambah dengan anggota TNI sebanyak 1.207.

Untuk pengamanan sebanyak 3.865 TPS yang tersebar diseluruh wilayah Sulbar ini, juga telah dibagi menjadi tiga kategori. Rawan, Sangat Rawan, dan Kurang Rawan.

Ada 17 TPS yang dianggap sangat rawan. Olehnya itu Polda Sulbar akan menurunkan 2 personilnya di satu TPS.

“Yang masuk kategori sangat rawan itu, lokasi sangat jauh, dua hari perjalanan, pada waktu ke lokasi harus jalan kaki. Sehingga untuk pengamanan nya itu dua personil 1 TPS,” Kabag Pengendalian Operasi Polda Sulbar, Kompol Bambang saat menggelar konferensi pers, Selasa (12/3).

Selanjutnya, ada 515 TPS yang dianggap rawan. Bambang menejaskan, pola pengemananya nya masih menunggu ketentuan.

Sedangkan untuk 3.333 TPS yang dinilai kurang rawan, satu personil akan mengamankan 5 TPS.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Djafar menambahkan,cara indikasi kerawanan bukan dari Polri yang menentukan sendiri, tetapi juga dari KPU dan Bawaslu.

“Jadi dianggap sangat rawan, mungkin dari pihak kepolisian dan KPU sebelumnya mungkin bermasalah di sana (TPS) sehingga (Pengaman) itu ditingkatkan,” kata Kapolda.

“Kemudian Polri mengambil keputusan untuk yang rawan, ditetapkan dua personil 1 TPS ditambah dengan rekan-rekan kita dari TNI,” tutup kapolda. (zul/ra)

Check Also

Pemprov Sulbar Dorong Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Lebih Optimal

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadikan aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi lebih optimal …