Tuesday , March 19 2019

Tingkatkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Buka Pendaftaran Melalui Drop Box di Kecamatan

MAMUJU, kandoranews.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus lakukan peningkatan layanan terhadap masyarakat. Selain dengan terus melakukan sosialisasi, BPJS Kesehatan juga menambah layanan yaitu membuka pendaftaran melalui drop box ataupun juga melalui call center yang disebar dibeberapa kantor kecamatan, khususnya di kabupaten yang ada di Sulawesi Barat.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Mamuju Wahida mengatakan, tingkat kepesertaan BPJS Kesehatan di Sulawesi Barat telah mengalami peningkatan yang signifikan, namun diakui bahwa masih ada juga masyarakat yang belum menjadi peserta khususnya di daerah yang jauh dari kantor cabang BPJS.

Dibeberapa daerah, sebagian besar masyarakat yang masuk dalam calon peserta mandirilah yang masih banyak belum terdaftar. Sehingga diharapkan melalui penyebaran drop box ini, BPJS Kesehatan dapat lebih mendekatkan dan mempermudah pelayanan kepada mereka yang berada jauh dari kantor cabang BPJS.

“Drop box coba kami sebar dibeberapa kecamatan untuk memudahkan masyarakat menjadi peserta BPJS, caranya jugakan sederhana saja, tinggal mengisi formulir dengan lengkap, melampirkan berkas yang dipersyaratkan kemudian dimasukkan kedalam drop box, lalu petugas kami akan menjemput dan melakukan proses pendaftaran,” terang Wahida Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju.

Hal tersebut Wahida sampaikan saat memberikan pemaparan dalam kegiatan media center Gathering BPJS Kesehatan Cabang Mamuju yang berlangsung pagi tadi di Bangi Cafe jl. Yos Sudarso Mamuju, (13/09).

Selain penyebaran drop box, BPJS Kesehatan juga telah menyebar papan informasi diberbagai tempat seperti di kantor kecamatan maupun disetiap fasilitas kesehatan seperti puskesman dengan harapan dap memberikan pengetahuan dan informasi yang luas kepada masyarakat tentang manfaat kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Tujuan kami sederhana saja yaitu agar masyarakat mendapat informasi yang baik tentang manfaat menjadi peserta BPJS Kesehatan, sehingga dapat mendorong setiap masyarakat untuk menjadi peserta, jangan tunggu sakit lalu kemudian melakukan pendaftaran, ini juga kadang terjadi,” lanjut Wahida.

Selain dua hal tersebut, BPJS Kesehatan dalam upaya peningkatan pelayanan juga memperkanalkan sebuah aplikasi mobile dengan fitur diantaranya cek iuran, lokasi faskes, skrining, catatan pembayaran, info peserta, info BPJS, pindah kelas dan yang tidak kalah pentingnya juga tersedia form pengaduan jika ada ketidakpuasan terhadap layanan BPJS. Aplikasi tersebut dapat didownload melalui playstore maupun appstore dengan melakukan pendaftaran ataupun login dengan akun yang telah ada. (Ra/Fa)

Foto : https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile&hl=in

Check Also

LDII Ikuti Diskusi Pola Hidup Halal BPJPH-MUI Sulsel

MAKASSAR, KANDORANEWS.com – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Republik Indonesia bekerjasama dengan Bidang Informasi …