Saturday , August 18 2018

Start,Pasar Sentral Mamuju Direnovasi

KandoraNews.com

HMS (Dian Hardianti Lestari)

Mulai Jumat, 24 April 2015, Pasar Sentral Mamuju start direnovasi. Pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mamuju, Drs. H. Habsi Wahid, MM yang turut disaksikan oleh berbagai pihak seperti pedagang pasar, pihak Perusahaan Daerah (Perusda) Kab. Mamuju, Instansi Dearah terkait serta pihak perbankan.
Direksi Perusda Mamuju, Kamarullah, MM mengakui adanya keterlambatan pembangunan ruko, yang mana pembongkarannya telah rampung sejak Februari lalu. Ia mengatakan, keterlambatan tersebut disebabkan masih banyaknya saran dan kritik dari mantan atau eks pemilik ruko yang harus ditampung.
“kami menampung beberapa masukan dari eks pemilik ruko, kemudian kami akomodir seluruh masukan itu, lalu kami usul ke Pemerintah Daerah, dan alhamdulillah eks pemilik ruko mendapat potongan harga” jelasnya.
Pada bulan Januari, harga ruko telah ditetapkan senilai 700 juta bagi eks pemilik atau pedagang. Setelah dilakukan diskusi dari masukan-masukan yang telah ditampung tersebut, Pemerintah Daerah memberi kebijakan dengan meringankan harga bagi eks pemilik atau pedagang dengan harga 650 hingga 550 juta.
Dihadapan pedagang pasar yang hadir, Kamarullah menghimbau bagi eks pemilik atau pedagang untuk segera melakukan pendaftaran ulang ke pihaknya dengan batas waktu hingga 30 hari kedepan terhitung sejak tanggal peletakan batu pertama tersebut.
“segera manfaatkan moment ini, karena waktunya tidak lama, hanya 30 hari untuk melakukan proses pendaftaran ulang kepada pihak Perusda agar seluruh syaratnya dapat dipenuhi” himbaunya.
Jika dalam waktu satu bulan tersebut tidak dilakukan pendaftaran ulang, Kamarullah mengatakan, ruko tersebut akan dibuka secara umum dengan harga yang sudah tentu berbeda.
“terlebih kalau calon pengguna ruko tersebut bukan eks pemilik, maka harganya bisa berkisar 725 hingga 750 juta” sebutnya.
Berdasarkan perencanaan pembangunannya, Kamarullah mengatakan, akan dibangun sebanyak 54 unit ruko. Kemudian akan ada pembangunan tahap II yakni ruko mini berlantai satu sejumlah kurang lebih 15 sampai 16 ruko mini.
Terkait renovasi Pasar Sentral yang akan menampakkan wajah baru di tengah kota Mamuju, Sekretaris Daerah, Habsi Wahid menyampaikan, keinginan Pemerintah Daerah kedepan yakni Pasar Sentral dapat menjadi pusat perbelanjaan bagi setiap daerah di Provinsi Sulawesi Barat. Kalau tingkat produktifitas pedagang di pasar tersebut berjalan lancar, lanjut Habsi, tentu menjadi suatu daya saing bagi pasar-pasar yang ada di daerah lain.
“jika pembangunan pasar kita ini berjalan dengan baik dan mulai beroperasi, mungkin saja masyarakat di Majene nantinya tidak lagi berbelanja di Makasaar atau di Pare-pare tetapi datang ke Mamuju untuk berbelanja karena rasa nyaman, tertib dan indah” harap Habsi Wahid.

(AD)

Comments

comments

Check Also

MPC Pemuda Pancasila Mamuju Jadwalkan Pelantikan Agustus Nanti

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Mamuju sedang merampungkan segala persiapan pelantikan kepengurusan …

Adventorial