Wednesday , December 19 2018

Stabilkan Harga, Disdag Mamuju Sasar Pangkalan Elpiji 3 kg

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Merespon laporan masyarakat tentang kelangkaan gas Elpiji 3 kg membuat sejumlah kalangan mengalami keresahan. Tak hanya itu, laporan tentang tingginya harga jual gas bertabung melon ini juga membuat masyarakat resah.

Menanggapi hal itu, Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju gerak cepat menyisir sejumlah pangkalan gas Elpiji 3 kg ini. Salah satu pangkalan yang dikunjungi yaitu berada di jl. Andi Dai kelurahan Binanga, Mamuju Sulawesi Barat.

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju Hj. St. Sutinah Suhardi ini mencoba mencari informasi kepada pemilik pangkalan tentang tingginya harga yang diperoleh masyarakat, hal itu disebabkan karena penjual eceran yang kadang mengjual dengan harga tinggi kemasyarakat dengan alasan kurangnya stok gas.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh pemilik pangkalan untuk tidak lagi menjual gas Elpiji 3 kg ini ke pengecer.

“Sebetulnya yang buat mahal ini para pengecer. Aturannyakan jelas tidak bisa menjual ke pengecer, ini yang harus kita putus. Semakin banyak rantai ekonomi yang bermain dalam penjualan gas ini, tentu harga juga akan semakin tinggi,” ungkat Sutinah.

Masih Tina, kegiatan ini masih merupakan himbauan, kedepan kami akan turun untuk melakukan penindakan jika saja masih kami dapat ada pangkalan yang tidak taat aturan.

“Kalau masih memberikan himbauan dulu, nanti kalau sudah masuk tahap penindakan, tentu akan ada sanksi yang diberikan kepada pangkalan yang masih nakal,” lanjut Tina.

Sementara itu, Anti pemilik pangkalan mengaku masih menjual elpiji 3 kg ini dengan harga 16 hingga 17 ribu ke pengecer. Dan pihaknya pun berjanji untuk tidak lagi menjual ke pengecer.

Untuk diketahui bahwa sesuai dengan SK Bupati Mamuju yang dikeluarkan tentang harga standar gas LPG ini sebesar 15.900,- dimana pangkalan hanya bisa menjual dengan harga maksimal 17 sampai dengan 18 ribu rupiah. (*/Ra)

Check Also

Evaluasi Ekonomi 2018 dan Outlook 2019: Ekonom Mengapreasiasi Keberhasilan Pemerintah Kendalikan Inflasi

MAKASSAR, KANDORANEWS.com – Perkembangan inflasi secara nasional dalam empat tahun terakhir menunjukkan kecenderungan yang semakin …