Thursday , March 21 2019
Foto : Mentri Pertanian RI, ANdi Amran Sulaiman.

Soal Rendahnya Harga Sawit di Sulbar, Mentri Pertanian: Saya Akan Panggil Kadisnya

MAKASSAR, KANDORANEWS.com – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Sulawesi Barat (Sulbar) pada bulan Maret telah ditetapkan sebesar Rp. 1.035,3/Kg. 

Jika dibandingkan dengan Harga TBS di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat, harga TBS Sulbar berada diurutan terbawah. Harga TBS Sawit di Sumsel sebesar Rp 1.403,99/Kg, dan harag TBS Si Kalbar sebesar Rp 1.258,77/Kg.

Ditemui oleh Ketua Umum HMI cabang Manakarra, Sopliadi, disela-sela perayaan Dies Natalis HMI ke-72 tahun di Makassar, Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman menyampaikan bahwa harga  sawit saat ini memang sudah naik.

Hanya saja menurutnya, rendahnya harga sawit di Sulbar mungkin karena akses tranportasi menuju pelabuhan dari pabrik sangat jauh.  Sehingga harga berbeda dengan daerah lain.

“Nanti aku coba panggil Kadis Perkebunannya. Itu yang perlu menjadi perhatian. Kemudian, bisa jadi jarak dari pelabuhan  tempat pabriknya itu agak jauh. Tetapi nanti saya akan menyuruh Dirjen untuk mengecek,” ungkapnya sesaat setelah memberikan sambutan pada Milad HMI ke-72 di Makassar, Minggu (10/3).

Menteri Pertanian ini menuturkan, pemerintah telah menerapkan  biodiesel 20% (B20) dari kandungan minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

Program B20 diharapkan akan meningkatkan pembelian CPO di pasar domestik oleh perusahaan penjual bahan bakar minyak (BBM), sehingga pasokan ekspor CPO di pasar global berkurang dan bisa memicu kenaikan harga CPO. 

“Memang ini naiknya bertahap. Tapi yakinlah insyaallah kedepannya naik lagi. Kenapa, karena  kita akan mengejar B20,” tutup Amran Sulaiman. (zul/ra)

Check Also

Pemprov Sulbar Dorong Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Lebih Optimal

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadikan aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi lebih optimal …