Wednesday , December 19 2018

Sidak Toko Modern, Disdag Mamuju Temukan Barang Tak Layak Jual

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Menjelang hari raya Idul Adha 2018, Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui Dinas Perdagangan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah toko swalayan, Senin (20/8). Kegiatan ini difokuskan untuk memonitor produk makanan kedaluwarsa.

Beberapa toko modern yang disasar antara lain Hypermart yang ada di Matos jl. Yos Sudarso, Mamuju. Hasil dari sidak yang dipimpin langsung oleh kepala dinas perdagangan kabupaten Mamuju Hj. St. Sutinah Suhardi itu ditemukan sejumlah produk makanan kaleng dalam kondisi wadah penyok yang tak layak jual.

“Kemasan yang dijual seharusnya tidak boleh rusak dikhawatirkan ada jasad renik yang masuk. Itu merugikan konsumen,” kata Sutinah kepada.

Pejabat Disdag yang juga akrab disapa Tina ini juga menjelaskan beberapa hal kepada pengelola toko modern terkait hal yang harus jadi perhatian diantaranya setiap produk makanan yang dijual tidak boleh mengalami perubahan bau, warna dan rasa sebab berpotensi mengalami kerusakan dan tak layak konsumsi lagi.

“Selain harus memperhatikan kondisi produk makanan yang dijual, penting juga untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsanya, yang sudah mau kadaluarsa segera diganti,” ungkat Tina

“Sebetulnya kegiatan inspeksi semacam ini bisa menguntungkan pemilik usaha sebab tujuannya untuk evaluasi. Jika semua barangnya baik, artinya toko swalayan itu bermutu,” tutup Tina.

Sementara itu, Wawan salah seorang petugas toko berjanji akan segera mengganti produk makanan kaleng yang didapat mengalami kerusakan pada kemasan seperti penyok atau berkarat.

“Kami akan segera mengganti produk kami yang kemasannya rusak seperti penyok maupun yang berkarat, serta akan terus mengecek tanggal kadaluarsanya,” demikian Wawan (*/Ra)

Check Also

Evaluasi Ekonomi 2018 dan Outlook 2019: Ekonom Mengapreasiasi Keberhasilan Pemerintah Kendalikan Inflasi

MAKASSAR, KANDORANEWS.com – Perkembangan inflasi secara nasional dalam empat tahun terakhir menunjukkan kecenderungan yang semakin …