Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tuesday , October 16 2018

Pulau Bala-Balakang di Klaim, Ini Tanggapan Bupati Mamuju

MAMUJU, kandoranews.com – Isu adanya klaim terhadap kepemilikan Pulau Bala–Balakang oleh daerah lain yang saat ini marak diberitakan, ditanggapi ringan oleh Bupati Mamuju Drs. H. Habsi Wahid.

Habsi Wahid mengatakan bahwa klaim atas pulau terluar dari wilayah Kabupaten Mamuju tersebut tidak beralasan, pasalnya sejak kabupaten Mamuju masih dalam wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Selatan Kepulauan Bala–balakang jelas adalah salah satu wilayah administrasi Kabupaten Mamuju.

“Mungkin itu tempat lain.” kata Bupati Mamuju mananggapi pertanyaan wartawan yang menyebutkan saat ini Bala-balakang masuk dalam RT/RW Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) namun dengan nama yang sedikit berbeda yakni Bala-balangan.

“Kitakan tidak pernah mengenal nama itu, yang kita punya adalah Bala-Balakang jadi mungkin itu di tempat lain.” jelas Habsi Wahid saat dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Kabupaten Mamuju yang merupakan pemekarang dari Provinsi Sulawesi Selatan sejak dulu pulau Bala-Balakang memang sudah menjadi wilayah administrasi Kabupaten Mamuju hingga saat ini.

Sementara dari sisi Defacto selama ini Pemerintah Daerah telah memberikan berbagai program untuk Pulau Bala–Balakang, baik terhadap kelompok nelayan berupa fasilitas kapal nelayan atau program lainnya, sampai pada program pengadaan kapal Feri Mini yang menelan anggaran lebih dari satu milyar rupiah yang akan dijadikan dalam sarana transportasi untuk masyarakat Bala–Balakang ke Mamuju begitupun sebaliknya, semua itu adalah bukti–bukti secara fakta yang telah dilakukan.

Habsi Wahid menegaskan, baik secara Dejure maupun Defacto tidak ada yang tidak membenarkan bahwa Pulau Bala–Balakang adalah salah satu wilayah administrasi Kabupaten Mamuju.” demikian Bupati Mamuju. (Ra/Fa)

Comments

comments

Check Also

Empat Desa di Mamasa Tertimpa Tanah Longsor dan Banjir

MAMASA, KANDORANEWS.com – Akibat diguyur hujan lebat selama 15 jam pada Sabtu hingga Minggu dinihari 14 …

Adventorial