Penjemputan Tim Asesor BAN-PT di Ruang Tunggu VIP Bandara Tampa Padang, Mamuju.

Prodi Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Mamuju Raih Akreditasi B

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan akreditasi B pada Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Mamuju.

BAN-PT yang merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan “Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi”, dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

BAN-PT berdiri pada tahun 1994, berlandaskan UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan PP No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. Sebagai satu satunya badan akreditasi yang diakui oleh pemerintah. BAN-PT memiliki wewenang untuk melaksanakan sistem akreditasi pada pendidikan tinggi.

Dalam wewenang ini termasuk juga melaksanakan akreditasi bagi semua institusi pendidikan tinggi (baik untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK); program-program pendidikan jarak jauh; dan program-program, secara kerjasama dengan insitiusi pendidikan tinggi di dalam negeri, yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar negeri (saat ini institusi pendidikan tinggi dari luar negeri tidak dapat beroperasi, secara legal, di Indonesia).

Melalui Surat Keputusan BAN-PT No. 3032/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2018, STIE Muhammadiyah Mamuju menempatkan Program Studi Ekonomi Pembangunan dengan akreditasi B.

Surat Keputusan BAN-PT No. 3032/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2018

Memperoleh hasil baik ini, Ketua STIE Muhammadiyah Mamuju, Muchtar, S.E,M.Si memberikan selamat kepada prodi Ekonomi Pembangunan. Dimana, prodi ini merupakan salah satu dari dua prodi yang dibina oleh STIE Muhammadiyah Mamuju.

“Raihan Akreditasi B ini merupakan wujud dari kerja keras dan komitmen dari seluruh pengelola STIEMM dalam mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas, mewujudkan wadah untuk memproses SDM yang unggul,” ucap Muchtar, Jumat (14/6).

Sementara itu, untuk program studi Managemen, STIE Muhammadiyah Mamuju hanya tinggal menunggu hasil. Pihaknya berharap prodi ini juga dapat memperoleh akreditasi B.

“Ya… kita sangat bersyukur atas capain ini dan kita akan terus melakukan perbaikan-perbaikan dengan membangun budaya mutu. Program Studi bahkan Perguruan Tinggi akan ditinggalkan jika tidak mau melakukan perubahan, khususnya dalam peningkatan mutu,” demikian tutup Muchtar. (*/ra)

Check Also

Bupati Mamuju Harap Pembangunan di Desa Melibatkan Masyarakat

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid mengharapkan Penjabat Kepala Desa yang dilantik melibatkan …