Wednesday , December 19 2018

Penelitian : Wanita Berpendidikan Tinggi Akan Miliki Pernikahan yang Awet.

KandoraNews.com – Pernikahan bisa jadi begitu menantang. Bahkan pasangan yang terlihat sempurna di publik juga memiliki masalah di dalamnya. Rasa penasaran juga terlintas ketika melihat pasangan yang tampak masih bahagia di hari tuanya. Apa rahasianya?

Sebuah penelitian terbaru mengatakan jika para wanita yang memiliki pendidikan tinggi cenderung memiliki pernikahan lebih panjang umurnya dibanding yang tidak. Dari penelitian yang dilakukan Pew Research Center mengungkap delapan dari sepuluh wanita yang kuliah memiliki usia pernikahan lebih dari dua dekade.

Para peneliti dari National Center for Health Statistics melakukan penghitungan jika 78 persen dari wanita berpendidikan tinggi yang menikah antara 2006 dan 2010 bisa berekspektasi pernikahan mereka akan lebih dari 20 tahun. Sedangkan bagi wanita lulusan SMA atau di bawahnya, tercatat hanya 40 persen yang memiliki pernikahan panjang.

Data yang digunakan untuk mencari tahu kemungkinan langgengnya pernikahan pertama didapat dari Survei Nasional Pertumbuhan Keluarga. Sampelnya adalah pria dan wanita yang berusia antara 15 sampai 44 dengan rentang waktu 2006 dan 2010. Temuan itu terbatas pada pernikahan heteroseksual.

Alasan untuk mengakhiri pernikahan adalah perpisahan dan perceraian. Pernikahan yang berakhir karena kematian tidak dihitung. Laporan ini juga tidak menjabarkan alasan kenapa wanita dengan pendidikan tinggi bisa memiliki pernikahan yang lebih panjang.

Namun tercatat, wanita yang kuliah akan memilih untuk menikah setelah mereka merasa aman dengan maslaha keuangan. Juga, mereka tahu apa yang diinginkan dari seorang pasangan sehingga rela menunggu untuk mendapatkan sosok yang tepat.

(RA)

Sumber : wolipop.detik

Check Also

Tinjau Serapan Anggaran 2018, Wakil Bupati Lakukan Monev

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Menjelang akhir tahun, Pemerintah Kabupaten Mamuju melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) atas …