Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Saturday , November 17 2018

Menggugat Peran Dan Transparansi Partai Politik Diaras Lokal

KandoraNews.com

Oleh:Santa (Aktivis Kopel RI)

Partai politik adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki visi yang sama,cita-cita yang sama,ideologi yang sama, dan tujuan yang sama dan saling bekerjasama untuk mewujudkan tujuan partai. Ketika kita membicarakan partai politik maka mustahil kita tidak akan berbicara persoalan negara, sebab negara ialah menjadi instrumen bagi partai politik untuk mewujudkan visi atau tujuan partainya. Partai politik sesungguhnya punya posisi dan peran yang sangat strategis dalam mempengaruhi setiap arah dan kebijakan pembangunan disuatu negara sebab partai plitiklah yang diberikan hak dan kewenangan secara konstitusional oleh negara untuk menempatkan kader-kader partainya dalam pemerintahan untuk melaksanakan tujuan negara. Tentu tujuan negara tidak boleh bertentangan dengan tujuan partai politik. Undang-Undang Dasar Ripublik Indonesia Tahun 1945 secara eksplisit menegaskan dalam pasal 6a, bahwa calon presiden dususlkan oleh partai politik dan atau gabungan partai politik. Sesungguhnya ini sangat jelas bahwa kepercayaan negara terhadap partai politik sangatlah istimewa, sehingga kita tidak akan menavikan bahwa salah satu pilar dari negara yang menganut sistem Demokrasi ialah partai politik.

Ada beberapa fungsi partai politik antara laian: pertama, Melaksanakan pendidikan politik yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban setiap warga dalam bernegara .kedua,  melaksanakan rekrumen kader yaitu seyogyanya partai politik melaksanakan proses pengkaderan sebagai wahana untuk merekrut kader-kader baru khususnya yang punya bakat politik. Ketiga,  menjadi saluran partisipasi politik warga yaitu partai politik menjadi penghubung antara rakyat dan negara untuk memenuhi harapan rakyat. Keempat, menjadi sarana atau media integrasi nasional yaitu partai politik harusnya menjadi penggerak pemersatu sesama anak bangsa. Kelima, fungsi partai politik sebagai sarana penyelesaian konflik yaitu seyogyanya partai politik menjadi pelopor dalam setiap penanganan dan penyelesaian konflik yang meresahkan masyarakat. Namun sangat disayangkan dewasa ini peran partai pilitik hanya menjadi stempel bagi orang-orang yang bermodal tinggi untuk menjadi penguasa khususnya diaras lokal. Dalam diskursus wacana peran parpol diaras lokal terdistorsi hanyalah sebagai sarana transaksi yang tidak legitimatif dan berlawanan dengan nurani konstituennya atau rakyat.

Salah satu dari sekian banyaknya prinsip-prinsip Dalam Demokrasi ialah wacana Transparansi Dimana idealnya pada setiap level lembaga baik dalam konteks lembaga negara maupun yang hanya berada dalam kekuasaan negara wajib transparan. Konsep transparansi ada pula dalam studi tentang preses menuju pemerintahan yang baiak atau Good Governance, dimana partai politik secara konstitusinal punya relasi yang sangat signifikan terhadap negara karena partai politi mendapat sumbangan dari negara itu berdasarkan uu kepartaian no 2 tahun 2011 tentang perubahan undang-undang nomor 2 tahun 2008 tentang partai politik. Serta diakui pula sumbngan-sumbangan dari pihak-pihak duluar dari sumbangan atas nama negara. Sejatinya partai politik dalam mengelola setiap informasi dan dokumentasi atas kinerja ataupun aktivitas partai menyebarluaskan kepada publik dan bersedia untuk membuka diri kepada siapa saja yang ingin mengetahui sistem dan tata kelola keuangan dan kinerja partai politik agar tercipta dan terimplementasi prinsip-prinsip demokrasi diadala tubuh partai politik.Mencermati peran dan transparansi partai politik diaras lokal khususnya disulawsi barat itu masih belumlah maksimal baik dari segi implementasi fungsi-fungsi partai politik sebagai landasan operasional setiap partai maupun dari segi transparansi pengeloalan keuangan dan kinerja partai. Dalam diskursus wacana peran partai politik dan transparansi partai politik inilah lahir hipotesis penulis mari kita’’ Menggugat Peran Dan Transparansi Partai Politik Diaras Lokal’’ Karena harapan dan cita-cita kita ada pada keberhasilan paratai politik dalam menempatkan kader-kader terbaiknya untuk duduk di kursi legislatif maupun di Eksekutif.

 

Comments

comments

Check Also

Menuju Pemilu 2019; Partai dan Elektabilitas Caleg

Oleh : DR. H. Suhardi Duka (Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat) OPINI, KANDORANEWS.com – Pada …

Adventorial