Sunday , April 21 2019

Matang Berpolitik serta Komitmen Adalah Ciri Pemimpin Yang Baik

Opini, kandoranews.com – Tak terasa pesta demokrasi untuk seluruh masyarakat Sulawesi Barat akan segera kita laksanakan. Sesuai dengan tahapan KPU pada pilkada serentak jilid dua, pendaftaran secara resmi Bakal cagub dan cawagub 2017 akan dibuka pada bulan september ini.

Ritme pergerakan para balon pun kian gesit, ada yang sudah siap dan ada yang masih siap diwacana saja, ya inilah fakta politik. Rakyat di pertontonkan berbagai trik, tehnik meramu strategi bahkan rakyat disuguhi negatif campaign demi membuat figur balon kandidat “kelihatan siap” menghadapi pilgub.

Dari beberapa nama yang mencuat, kita seperti lupa bahwa yang ingin dipilih adalah seorang gubernur, pemimpin wilayah disuatu provinsi yang juga akan berperan sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Sosok figur yang seharusnya matang secara politik, berani berkomitmen ke rakyat, serta memiliki hubungan yang harmonis ke para bupati adalah soson pemimpin yang baik, bukan figur yang hanya berupaya mempertahankan posisi nyaman saja.

Ciri sosok ideal untuk jadi gubernur sudah ada begitupun sosok ideal untuk jadi wakil gubernur pun sudah ada tinggal rakyatlah yang harus memilih dan memilah.

Sulbar dalam perjalanannya sebagai sebuah provinsi memang masih berbenah di sektor infrastruktur, Baik di Matra, Mateng, Mamasa, Majene, Mamuju dan polman semua masih mengeluhkan persoalan inti ini. Dengan infrastruktur yang baik maka aktifitas perekonomian masyarakat juga akan lancar, pun juga disektor  kesehatan saatnya pemerintah harus hadir ditengah masyarakat untuk perbaikan layanan kesehatan.

Terlebih di sektor pertanian, SDA (sumber daya alam) kita sangat memungkinkan untuk memajukan, pertanian kita sepanjang didukung program dan kebijakan yang tepat,  semua itu haruslah dipimpin dan digerakkan oleh figur Gubernur yang tepat pula nantinya.

Gubernur itu jabatan politik, ia memegang amanah kepercayaan politik rakyat, pun dengan Bupati . semoga kita tidak keliru mengenal kemampuan figur para bakal calon gubernur, difitnah bagaimana pun yang terbaik tetap akan melaju.

Jalan terbaik untuk banua Malaqbi sudah ada, tinggal kita yang harus memilih jalan terbaik kita atau memilih karena ketakutan akan hilang disuatu zona nyaman saat ini. Bagi saya urusan pilgub bukan urusan hari ini tetapi urusan masa depan kita semua yang ada di sulawesi barat. “Ihdinassiratalmustaqim” Berilah Kami jalan yang Lurus demi sulbar yang lebih baik. (ra/fa)

Oleh : Marwan Syamsul,S.Ip

Check Also

Bukankah Berbeda Itu Indah !

Oleh : Hamdan Dangkang,S.Kom., M.T. (Ketua KPU Kabupaten Mamuju) OPINI, KANDORANEWS.com – C. Joy Bell …