Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tuesday , October 16 2018

Lestarikan Terumbu Karang, Dit Polair Polda Sulbar Lakukan Transplantasi.

MAMUJU, kandoranews.com – Kondisi terumbu karang dikawasan perairan Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, terus memburuk. Kerusakan tersebut akan terus meningkat jika tidak mendapatkan penanganan sejak dini.

Menurut data yang dihimpun oleh Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Sulawesi Barat (Dit Polairud), bahwa tingkat kerusakan terumbu karang wilayah Sulbar ada diangka 50 persen berbanding 50 persen yang terus dalam upaya pengawasan.

Dalam upaya menjaga kelestarian terumbu karang, Ditpolair Polda Sulbar lakukan transplantasi terumbu karang yang merupakan salah satu upaya rehabilitasi terumbu karang yang semakin terdegradasi melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup yang selanjutnya ditanam di tempat lain yang mengalami kerusakan atau menciptakan habitat baru.

Seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu di Pulau Karampuang, Mamuju Sulawesi Barat, beberapa personel Dit Polair Polda Sulbar yang dipimpin langsung oleh Dir Polair Kombes Pol Toni Ariadi, transplantasi yang dilalukan di Karampuang 1 (satu) yang mengambil terumbu karang di daerah yang akan transplantasi.

S_5897638870213

Dengan peralatan yang sederhana, transplantasi dilakukan dengan menggunakan menggunakan pipa dan pemberat dari semen yang diikat menggunakan cable ties.

“Rencana kita akan ajak pihak perusahaan yang peduli terumbu karang untuk bekerjasama membuat transplantasi dan kami siap membantu.” terang Kombes Pol Toni

“Kerusakan terumbu karang di wilayah Sulbar ada diangka 50 berbanding 50 persen, dan kami akan tetap mengawasi semua terumbu karang kita. Harapan kami agar masyarakat pesisir dan nelayan dapat ikut menjaga terumbu karang untuk anak cucu kita.” demikian Dir Polair Polda Sulbar Kombes Pol Toni. (Ra/Fa)

Comments

comments

Check Also

Empat Desa di Mamasa Tertimpa Tanah Longsor dan Banjir

MAMASA, KANDORANEWS.com – Akibat diguyur hujan lebat selama 15 jam pada Sabtu hingga Minggu dinihari 14 …

Adventorial