Thursday , March 21 2019

Launching GKB, 3.376 Anak Dikembalikan Kesekolah

MAMUJU, kandoranews.com – Launcing Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) resmi digelar oleh pemerintah kabupaten Mamuju yang dihadiri oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendigbud) Republik Indonesia, Perwakilan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), Ketua DPRD Kab. Mamuju, Kapolres Mamuju, Dandim 1418 Mamuju serta unsur muspida lainnya yang berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra, Sabtu (19/11).

Gerakan Kembali Bersekolah sebagai salah satu program kerja Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Habsi-Irwan tentu merupakan sebuah komitmen besar untuk memajukan pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Mamuju, sasarannya adalah anak yang putus sekolah atau yang tidak mampu melanjutkan sekolah usia 7-15 tahun.

Program pengembalian anak putus sekolah kebangku sekolah ini berhasil mengembalikan anak putus sekolah sebanyak 3.376 anak yang juga meraih prestasi dan penghargaan dari MURI sebagai satu-satunya program pengembalian anak putus sekolah terbesar yang pernah dilakukan di Republik ini.

Dengan melakukan berbagai proses pendataan seperti program Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) bersama Unicef, LSM Yayasan Karampuang, proses ini juga melibatkan jajaran Kepolisian Polres Mamuju yang menurunkan langsung Babhinkantibmas untuk melakukan pendataan disetiap Desa yang ada di kabupaten Mamuju.

Staff Ahli Bidang Hubungan Pusat Dan Daerah James Modouw sebagai Perwakilan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendigbud) Republik Indonesia berharap melalui gerakan ini pendidikan kembali mengalami reorientasi baru, revolusi mental dan karater bahwa perilaku akan menjadi penentu keberhasilan orang dalam menempuh keberhasilan termaksud melalui pendidikan, seni, permainan rakyat, sastra Daerah, olahraga, kreasi seni, semua itu perlu ditingkatkan karena semua itu akan mempertajam budi dari anak. Haturnya saat membacakan sambutanya saat membuka Launching GKB.

Ditempat yang sama, Senior manager MURI Senior manager Jusuf Ngadri yang juga hadir pada kesempatan ini berharap kegiatan Gerakan Kembali Bersekolah ini dapat diadopsi disemua daerah di Tanah Air, sehingga tidak akan ada lagi anak usia sekolah yang tidak mengenyam pendidikan. demikian terang Yusuf Ngadri. (ra/fa)

Check Also

Pemprov Sulbar Dorong Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Lebih Optimal

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadikan aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi lebih optimal …