Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tuesday , October 16 2018

KPU Polman dan Majene Hari Ini Mulai Buka Kotak Suara

MAMUJU, kandoranews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat resmi mengeluarkan surat penyampaian ke Ketua KPU kabupaten untuk membuka kotak suara. Bersama dengan dengan hal tersebut, KPU kabupaten Polman dan Majene hari ini mulai buka kotak suara. selasa (14/03).

Hal tersebut didasarkan pada pasal 71 PKPU Nomor 11 Tahun 2015 tentang Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, atas perubahan PKPU Nomor 15 Tahun 2016 tentang perubahan atas PKPU Nomor 11 Tahun 2015 tentang Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Surat yang terbit pada tanggal 13 maret 2017 ini menyebutkan beberapa ketentuan dalam proses pembukaan kotak suara diantaranya berkoordinasi dengan Panwas kabupaten dan Kepolisian setempat, mengeluarkan formulir yang digunakan sebagai alat bukti di persidangan, menggadangkan formulir yang digunakan sebagai alat bukti di persidangan, memasukkan kembali formulir asli yang telah selesai digandakan ke dalam kotak suara dan dikunci/digembok seperti semula serta membuat berita acara pembukaan kotak suara yang ditandatangani oleh Ketua KPU kabupaten dan Panwaslu kabupaten.

KPU Sulawesi Barat yang menerbitkan surat dengan nomor 178/KPU-Prov-033/III/2017. lengkap dengan bubuhan tandatangan Komisioner KPU Sulawesi Barat atas nama Ketua KPU Sulawesi Barat, Nurdin Passokkori yang juga sekaligus dilampiri salinan permohonan Perselisihan Hasil Pemilukada dengan nomor registrasi 13/PHP.GUB-XV/2017, yang dimana KPU kabupaten juga diminta untuk melaporkan tindak lanjut pelaksanaan buka kotak suara ke KPU Sulawesi Barat.

Data yang berhasil dihimpun, hari ini KPUD Polman telah resmi mulai membuka kotak suara dengan surat undangan bernomor 57/KPU-Kab-Gub.433413/III/2017 dari KPUD Polma kepada Kapolres Polman dan Panwas Polman yang digelar di aula KPU Polman pada pukul 14.30 WITA.

Sementara ini, KPUD Majene juga melakukan hal yang sama di kantor KPUD Majene yang juga dihadiri oleh pihak kepolisian serta Panwas Majene. (Naf/Ra)

Comments

comments

Check Also

Empat Desa di Mamasa Tertimpa Tanah Longsor dan Banjir

MAMASA, KANDORANEWS.com – Akibat diguyur hujan lebat selama 15 jam pada Sabtu hingga Minggu dinihari 14 …

Adventorial