Wednesday , December 19 2018

KPU Buka Kotak Suara, Begini Tanggapan Tim Hukum SDK-Kalma

MAMUJU, kandoranews.com – Beragam tanggapan dilontarkan saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat menerbitkan surat kepada seluruh KPUD Kabupaten untuk membuka kotak suara, tak terkecuali tim hukum pasangan calon nomor urut satu SDK-Kalma, selasa (14/03).

Nasrun Natsir salah satu tim hukum SDK-Kalma menyesalkan langkah KPU tersebut dan menilai bahwa KPU yang akhirnya membuka kotak suara adalah bentuk inkonsistensi penyelenggara Pemilukada terhadap semua proses yang telah ditetapkannya.

“Ini jelas bentuk inkonsistensi KPU terhadap keputusannya sendiri. Bagaimana mungkin teman-teman KPU membuka kotak suara tanpa ada perintah dari Mahkamah Konstitusi.” terang Nasrun.

Nasrun menambahkan bahwa KPU hanya boleh membuka kotak suara jika masa sidang di MK telah memasuki tahapan pembuktian, tentu dengan terbitnya perintah MK untuk membuka kotak suara demi alasan pembuktian.

“Saat ini kita baru ada di sidang pendahuluan. Belum ada agenda pembuktian dari MK. Kotak itu hanya bisa dibuka jika sidang telah memasuki tahap pembuktian. Jadi aneh, jika KPU terlalu dini membuka kotak suara.” tegas Nasrun Natsir. (Naf/Ra)

Check Also

Evaluasi Ekonomi 2018 dan Outlook 2019: Ekonom Mengapreasiasi Keberhasilan Pemerintah Kendalikan Inflasi

MAKASSAR, KANDORANEWS.com – Perkembangan inflasi secara nasional dalam empat tahun terakhir menunjukkan kecenderungan yang semakin …