Tuesday , March 19 2019

Komitmen KIP Kawal Pilkada Yang Terbuka

Mamuju, kandoranews.com – Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sulbar berkomitmen untuk menjalin sinergitas antar lembaga dalam mewujudkan pelaksanaan Pilkada yang terbuka dan transparan. Hal itu sesuai dengan tujuan keterbukaan informasi pelaksanaan Pilkada yang juga dijamin oleh para penyelenggara Pilkada.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KIP Sulbar, Rahmat Idrus, SH MH. Ia menjelaskan, koordinasi serta sinergitas antar lembaga merupakan hal yang mutlak dilakukan untuk merealisasikan pelaksanaan Pilkada yang terbuka.

“Intinya diharapkan ada sinergitas antar lembaga dalam mengawal pemilihan kepala daerah ini khususnya dalam hal keterbukaan informasi pemilu. Bukan hanya terbuka untuk diakses, tetapi terlebih kepada kemudahan akses publik terhadap data dan informasi pemilu,” sebut Rahmat, Selasa (26/07).

Senin kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulbar, Ombudsman, Polda Sulbar, Kesbangpol, Dinas Catatan Sipi, serta dari KIP Sulbar sendiri mengagendakan rapat khusus untuk membicarakan apa dan bagaimana langkah yang harus dilakukan dalam menciptakan pelaksanaan Pilkada yang terbuka.

Fokus utama dari pertemuan tersebut ialah membincang soal bagaimana seharusnya publik dapat mengakses informasi khususnya pada gelaran Pilkada, awal 2017 mendatang.

“Dalam rakor tersebut sudah digagas beberapa bentuk kerjasama. Bisa berupa nota kesepahaman antar lembaga, ataukah gugus kerja,” kata Rahmat.

Ia pun berharap, realisasi dari komitmen kerja sama antar lembaga yang sudah tercapai tersebut dapat segera diaktualisasikan. Menurutnya, apa yang diinisiasi oleh KPU di atas merupakan pembelajaran positif bagi upaya pemerintah dalam menciptakan pelayanan yang transparan.

“Kami dari KI (Komisi Informasi) mengapresiasi langkah dari KPU Provinsi ini. Semoga lekas diwujudkan kerjasamanya,” tutup Rahmat Idrus. (*)

(um/ra)

Check Also

19 Peserta Ikuti Seleksi KPID Sulbar

MAMUJU, KANDORANEWS.com – DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), melalui komisi I telah melaksanakan Fit and …