Wednesday , December 19 2018

Kirab Pemuda Nusantara Tiba di Sulbar

MAMUJU, kandoranews.com – Ekspedisi kirab pemuda nusantara 2017 yang dicanangkan oleh Kementrian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, hari ini Selasa (14/11) injakkan kaki di Kabupaten Mamuju, ibu kota Provinsi Sulawesi Barat. 68 pemuda asal 34 provinsi se Indonesia ini disambut dengan pengalungan kain tenun ikat sekomandi yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Mamuju.

Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid bersama Wakilnya, H. Irwan SP. Pababari menyambut kedatangan pemuda nusantara dengan menggelar Upacara di pelataran anjungan pantai manakarra. Turut pula hadir Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Dr. Ida Bagus Sucita, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharuddin Jafar, Kapolres Mamuju, Mohammad Rivai Arvan dan Dandim 1418 Mamuju, Letkol Imran.

Dengan adanya kirab pemuda nusantara 2017, Habsi Wahid mengatakan ada spirit kebangsaan yang hadir di Kabupaten Mamuju dalam versi yang lebih kekinian. Menurutnya, Indonesia yang memiliki beragam suku, ras, agama hingga adat istiadat butuh pendidikan tentang kebhinnekaan yang mengajarkan indahnya keberagaman kepada para pemuda sejak dini.

“karena itu saya selaku Bupati Mamuju menilai bahwa keberadaan program kirab pemuda nusantara ini menjadi penting dan starategis karena para pemuda yang lahir dari berbagai latar belakang berbeda harus memiliki pemahaman yang baik dan merinerima perbedaan sebagai kekuatan serta memiliki toleran dalam menghadapi perbedaan itu.” Paparnya.

Habsi berharap, selain memperkuat nilai kebhinnekaan, kehadiran kirab pemuda nusantara juga dapat menjadi ajang promosi pariwisata lokal, mendorong potensi daerah dan mampu menumbuhkan ikon pemuda kreatif dan berprestasi di setiap daerah termasuk di Kabupaten Mamuju.

Tak jauh berbeda, Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Dr. Ida Bagus Sucita berharap para kirab pemuda nusantara mampu menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari itu Ia berpesan agar peserta kirab pemuda nusantara betul-betul menyimak dan merasakan kehidupan masyarakat di tiap kabupaten khususnya sosial budaya dan sosial kemasyarakatan.

Ekspedisi kirab pemuda nusantara 2017 yang akan berkeliling Indonesia selama 72 hari ini start di Pulau Miangas, Kab. Talaud, Sulawesi Utara sebagai pulau terluar pada tanggal 26 september 2017. Menyambut kehadiran kirab pemuda yang akan menetap selama 3 hari, Pemerintah Kabupaten Mamuju mengadakan berbagai kegiatan diantaranya, Lomba pawai budaya, Pameran pemuda kreatif, Festifal/ kompetisi band indie dan film pendek, Lomba busana muslimah pemudi dan Gerakan pemuda membaca kitab suci (lintas agama). (Dian/Ra)

Check Also

Konsisten Mempermudah Izin Berusaha Lewat Aplikasi

MANADO, KANDORANEWS.com – Sistem Online Single Submission (OSS) sudah berjalan selama empat bulan sejak diluncurkan …