Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tuesday , October 16 2018

Kerucutkan Hasil Musrembang, Pemkab Mamuju Buka Forum OPD

MAMUJU, kandoranews.com – Guna mengkerucutkan prioritas program yang diusulkan dalam musrenbang tingkat Desa dan Kecamatan yang dilaksanakan sejak tanggal 20 Feb-6 Maret, hari ini Rabu, (15/03/2017) Pemkab Mamuju membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi penyelarasan dari hasil prioritas Musrenbang tingkat Kecamatan.

Hal tersebut merupakan implementasi dari UUD No 25 Tahun 2004 tentang penyusunan perencanaan pembangunan nasional yang telah dilakukan dari tingkat Desa dan Kecamatan, kata Bupati Mamuju H. Habsi Wahid.

Habsi Wahid juga mengajak seluruh OPD baik camat dan desa untuk bersabar, tidak ada satupun OPD yang mementingkan OPDnya sendiri, semua akan mengarah ke RPJMD yang telah menjadi pijakan dalam menyusun program lima tahun kedepan, sehingga apapun yang diremukkan di dalam forum OPD sasarannya harus menjabarkan program tahunan dari RPJMD lima tahun kedepan,semua hanya perlu mengsingkronisasikan untuk menyelasarkan apa yang sudah di programkan OPD sebagai perencanaan.

Disamping itu, Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian Dan Pengembangan (Bappepan) DR. Hj. Khatmah Ahmad menjelaskan bahwa usai pembukaan Forum OPD akan dilakukan diskusi Desk yang tentunya menganut pada asas pemerataan dan dikaitkan dengan prioritas Desa, Kecamatan Kemudian disingkronkan dengan prioritas dari kementrian dari pusat dan Provinsi.

Dalam diskusi deks akan terbagi lima, bukan lagi desk yang ada dikecamatan tetapi di singkronisasikan dengan lima prioritas pembangunan sehingga nantinya dalam diskusi deks akan diusahakan secara maksimal satu desa mendapatkan satu kegiatan. Setelah itu dari hasil yang di sepakati nanti akan ada outputnya yaitu kesepakatan antara Bupati dan OPD terkait dengan tugas Pokok dan fungsinya yang nantinya akan disepakati  untuk di akomodir dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA).

Sekedar diketahui, pada kegiatan tersebut dihadiri pula wakil bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari Ketua DPRD Kab, Mamuju Hj. Sitti Suraidah Suhardi, Kepala Bappepan Mamuju Rakhmat Thahir, Para OPD Lingkup Pemkab. Mamuju, Para Camat dan Kepada Desa Serta Staff Jajaran Pemkab. Mamuju. (HMS. Lisa/Ra)

Comments

comments

Check Also

Empat Desa di Mamasa Tertimpa Tanah Longsor dan Banjir

MAMASA, KANDORANEWS.com – Akibat diguyur hujan lebat selama 15 jam pada Sabtu hingga Minggu dinihari 14 …

Adventorial