Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tuesday , October 16 2018

Kasus Fitrinella Bisa Gugurkan Keputusan KPU Polman

MAMUJU, kandoranews.com –  Munculnya kasus dugaan KTP ganda salah seorang anggota KPU Polman, Fitrinella  Patonangi, disinyalir kuat dapat menggugurkan semua produk keputusan KPU Polman. Sebab dia sudah  menyalahi PKPU nomor 2 tahun 2013.

Pada pasal 3 huruf G berbunyi berdomisili di wilayah provinsi yang bersangkutan untuk anggota KPU Provinsi, atau di wilayah kabupaten/kota yang bersangkutan untuk anggota KPU Kabupaten/Kota yang  dibuktikan dengan kartu tanda penduduk.

Juga Undang-Undang Nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu. Pada pasal 11penyelenggara  pemilu pasal 11 huruf G disyaratkan berdomisili di wilayah Republik Indonesia bagi anggota KPU dan di wilayah provinsi yang bersangkutan bagi anggota KPU Provinsi, serta di wilayah  kabupaten/kota yang bersangkutan bagi anggota KPU Kabupaten/Kota yang dibuktikan dengan kartu  tanda penduduk.

“Kami sudah mengklarifikasi dan minta data tambahan pada pelapor dari pengurus PMII Sulbar,  Mulyadi. Dia pun memperlihatkan 8 butir aduan yang disampaikan ke Bawaslu,” kata Ketua Bawaslu  Sulbar Busran Ryandhi melalui telepon, Rabu (08/03/2017).

Dari bukti itu, imbuhnya, ternyata memang teradu pada Pilpres 2014 masih terdaftar sebagai pemilih  di Makassar. Kemduian tanggal 4 November 2016, Fitrinella baru mendapatkan suket data WNI antar  proivinsi. Suket itu diterbitkan oleh Dinas Capil Polman.

“Dengan bukti tambahan itu, diduga Fitrinella tidak memenuhi persyaratan sebagai anggota KPU  Polman. Kami akan klarifikasi pada yang bersangkutan dan tim seleksi calon anggota KPU Polman.  Pertanyaan dasar yang muncul tentu, KTP apa yang digunakan? Sehingga dia bisa mendaftar bersamaan  sebagai calon anggota KPU Polman dan KPU Makassar,” katanya.

Diakui, permasalahan ini sudah disampaikan ke DKPP, dan akan kembali ditegaskan saat DKPP datang ke Sulbar. (Hrm/Ra)

Comments

comments

Check Also

Empat Desa di Mamasa Tertimpa Tanah Longsor dan Banjir

MAMASA, KANDORANEWS.com – Akibat diguyur hujan lebat selama 15 jam pada Sabtu hingga Minggu dinihari 14 …

Adventorial