Tuesday , March 19 2019

Karnaval Hari Santri Nasional, Awal Dari Program Religi Pemkab. Mamuju

MAMUJU, kandoranews.com – Allahu Akbar, Allahu Akbar , Allahu Akbar, suara Takbir yang menggemuruh di langit kota Manakarra saat perhelatan perayaan Hari Santri Nasional, yang digelar di depan kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Mamuju, Sabtu (22/10).

Dalam memperingati Hari Santri Nasional, Kemenag Mamuju mengadakan perlombaan pawai keliling, yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa persatuan yang dibingkai dalam kebersamaan menuju terciptanya santri-santriwati yang berilmu, beriman, dan berakhlakul karimah.  Pawai tersebut telah diikuti seluruh tingkat Madrasah mulai dari TK hingga tingkat Aliah se-kabupaten Mamuju, jumlah peserta pawai kali ini sebanyak 5.000 peserta yang merupakan siswa-siswi dari Madrasah yang ada di Kabupaten Mamuju.

Pada kegiatan kali ini Irwan SP Pababari selaku Wakil Bupati Mamuju dalam sambutannya telah mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan menilai bahwa ini merupakan hal positif yang akan selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

“Alhamdulillah kita masih bisa berkumpul pada kesempatan ini, untuk memeriahkan acara karnafal dan kami dari Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan In Saa Allah ini akan berdampak positif, dimana ketika event ini secara rutin dilaksanakan dan dapat saling bersinergi antara Kemenag baik yang ada di Kabupaten maupun di Provinsi yang notabennya selaku Pemerintah Daerah”. Ungkap Irwan.

Dikatan pula “ini sangat luar biasa, karena dalam rangka menjadikan Mamuju ini semakin ramai dan dikenal di luar, maka pemerintah telah menyususn salah satu program, yakni dengan menekankan pada kegiatan-kegiatan pariwisata yang bersifat religius dan kami sudah memulai meski hanya pada standar yang sangat minim, seperti merayakan 1 Muharram yang diwarnai dengan karnafal, ada penamatan santri dan santri wati pada tingkat TPA”. Jelasnya.

Irwan juga menambahkan, “dan sebagai santri, patutlah berbangga karena di awal-awal perjuangan perebutan negara ini dari tangan penjajah santri adalah pejuang yang berada di garda terdepan dan mereka adalah orang-orang yang telah memperjuangkan dengan gigih akan kemerdekaan bangsa dan negara ini dari penjajah pada saat itu”.

Pada event tersebut, turut hadir Pemkab Mamuju, juga hadir Ketua DPRD kabupaten Mamuju, Hj. ST. Suraidah Suhardi, Kepala Seksi Pais Pendidikan Menengah Kanwil Kemenag Sulbar, H. Suhardi dan Kepala Cabang Bank Muamalat. (ra/fa)

HMS-Syaifuddin

Check Also

LDII Ikuti Diskusi Pola Hidup Halal BPJPH-MUI Sulsel

MAKASSAR, KANDORANEWS.com – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Republik Indonesia bekerjasama dengan Bidang Informasi …