Wednesday , January 16 2019

Jelang Hari Jadi, Kamus Bahasa Mamuju Mulai Dibenahi

MAMUJU, kandoranews.com – Menjelang hari jadi Kabupaten Mamuju ke 477, Pemerintah Kabupaten Mamuju bersama para pemangku adat mulai benahi Kamus Bahasa Mamuju yang terbit pada tahun 2014 lalu. Pembenahan ini ditandai dengan berlangsungnya kegiatan Seminar Pemutakhiran dan Penyempurnaan Kamus Bahasa Mamuju, di salah satu ruang rapat D’maleo Hotel Mamuju, Jumat 2 Juni 2017.

Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan SP. Pababari yang hadir membuka secara resmi seminar tersebut mengatakan, kegiatan pemutakhiran dan peyempurnaan Kamus Bahasa Mamuju merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan bahasa Mamuju yang menjadi kekayaan budaya. Menurutnya, bahasa adalah alat dan perwujudan budaya untuk saling berkomunikasi baik secara lisan, tulisan maupun gerakan.

“Bahasa menjadi alat pemersatu dan memperkuat hubungan emosional, keakraban serta rasa solidaritas. Karena itu, Saya Wakil Bupati Mamuju dan atas nama Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dimana ini merupakan bukti kepedulian kita terhadap pelestarian budaya dan kearifan lokal yang menjadi kebanggaan kita semua,” papar Irwan.

Mantan Wakil Ketua DPRD Mamuju ini berharap, Kamus Bahasa Mamuju menjadi acuan perbendaharaan untuk membantu setiap generasi muda dalam mengenal kata, makna dan cara pengucapan bahasa daerah. Ia juga menyampaikan, agar kiranya bahasa daerah mamuju dapat menjadi salah satu mata pelajaran muatan lokal di sekolah khususnya tingkatan SD dan SMP. (Ra/Fa)

Hms- Dian Hardianti Lestari

Check Also

Fadli Sandi : GP NasDem Satu Komando Menangkan Jokowi – Ma’ruf

JAKARTA, KANDORANEWS.com – Menjelang Pemilu 2019, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Garda Pemuda (GP) Nasdem menggelar Rapat …