Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Thursday , October 18 2018

Hukum yang tajam kebawa,dan Logika Hukum Emosional.

KandoraNews.com
Tentu kita masih Mengingat Kasus yang menimpah nenek Asyani yang beberapa waktu terakhir ini yang mencuat kepermukaan selain mengusik rasa keadilan masyarakat juga menggambarkan praktik hukum yang tajam ke bawah. Undang-Undang No. 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan seolah dibuat sebagai upaya untuk mendiskreditkan keberadaan masyarakat hutan dan melindungi kepentingan para korporat dan pengusaha yang mengeksploitasi hutan. Tentu ini adalah sebuah kekeliruan.

Masyarakat yang dulunya turun temurun hidup di hutan tidak dapat lagi memanfaatkan pohon yang ditanam di pekarangannya karena dianggap tidak memiliki Surat Keterangan Asal Usul (SKAU). Jadi untuk apalagi mereka tinggal di hutan jika tidak dibolehkan lagi memanfaatkan kesuburan alam untuk kebutuhan hidupnya sehari-hari.

“Logika hukum yang dibangun sebagai upaya untuk memberatkan nenek Asyani kiranya keliru dan subyektif,sehingga ini perlu sebuah perhatian khusu untuk semua elemet yang ada dinegara yang katanya negara hukum.

“Mengenai tuduhan pencurian, kiranya tidak terbukti karena kayu yang hilang di Perhutani sebanyak dua batang, sedang yang berada dalam penguasaan nenek Asyani baik yang di bengkel kayu maupun rumahnya lebih dari dua batang,”sehingga sangat ironi apa yang telah menjadi sandiwara para penegak hukum yang seolah mempermainkan fakta yang ada.

“Selain itu sebuah hal yang tidak wajar ketika nenek Asyani yang sudah rentah itu mengangkat batang kayu dengan menempuh jalan terjal berkilo-kilometer, sedang untuk berjalan menghadiri lokasi sidang saja sangat sulit.sehingga logika hukum di negeri ini dapat dikatakan logika emosional.

Comments

comments

Check Also

Kejati Sulsel Berhasil Meringkus Terpidana Korupsi Asal Kabupaten Bone

MAKASSAR, KANDORANEWS.com – Tim Intelijen Kejati Sulsel kembali berhasil meringkus terpidana kasus korupsi proyek pembangunan …

Adventorial