Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Saturday , November 17 2018

HKN ke-54, Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita

SAMPAGA, KANDORANEWS.com – Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November, baik ditingkat pusat maupun daerah. kali ini temanya “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Memeringati momentum ini,  Pemkab Mamuju memusatkan kegiatan HKN di Kecamatan Sampaga, mulai 8 November hingga sepekan kedepan. 

Dalam kegiatan yang juga diisi dengan berbagai agenda pekan olah raga dan seni ini,  diikuti oleh seluruh Puskesmas dari semua kecamatan, bahkan pihak RS Bhayangkara juga ikut serta. 

“Ayo hidup sehat, mulai dari kita merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan. Ini akan dapat mengubah pola hidup apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat didaerah ini,” kata Bupati Mamuju Habsi Wahid saat membuka pelaksanaan HKN ke-54 di Lapangan Desa Bunde Kecamatan Sampaga,  Kamis 8 November. 

Peringatan HKN ke-54 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat preventif dan promotif. Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan ini sejalan dengan program pemerintah daerah yaitu Mamuju Mapaccing. 

“Gerakan masyarakat hidup sehat adalah upaya pemerintah mensejahterakan masyarakat,” ucap Habsi.  

Lanjut Habsi, kalau tidak ada para petugas kesehatan,  masyarakat tidak akan sehat.  

“Karena kalian adalah pelayan kesehatan yang telah berbakti dan tidak pernah lelah dalam menjalankan tugas. IPM Mamuju yang mencapai 73 persen saat ini itu juga karena andil para pelayan kesehatan,” sahut Habsi.  

Tema HKN dan gerakan masyarakat hidup sehat 2018 sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Habsi mengimbau masyarakat agar membiaskan diri mengkonsumsi beragam sayur dan buah. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam gerakan masyarakat hidup sehat. 

Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah, swasta, dan masyarakat sangat dibutuhkan. 

“Dan saya berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat atas partisipasinya menyukseskan kegiatan ini,  meskipun lapangan diguyur hujan,” tutup Habsi. (*/ra)

Comments

comments

Check Also

Sambut Hari Juang Kartika, Personel Kodim Polmas Bersihkan Rumah Ibadah

POLMAN, KANDORANEWS.com – Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2018, Anggota Kodim 1402/Polmas bersama …

Adventorial