Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Saturday , November 17 2018

Fasilitasi pecinta batu akik,SDK gelar pameran dan kontes.

KandoraNews.com

HMS (Andi Rasmuddin)

Mamuju(26/04/15),Terus menjamurnya pencinta batu akik diseluruh dunia yang kemudian menjadi trend yang sangat diminati berbagai kalangan, mendapat perhatian khusus dari Dr.H.Suhardi Duka atau SDK sapaan akrab penjabat Bupati Mamuju dua priode terakhir. bahkan telah diagendakan pada tanggal 4-10 Mei 2015 akan dilaksanakan pameran sekaligus kontes batu akik yang bertajuk “ SDK Manakarra Gemstone Expo 2015 “.
Kegiatan yang di ketuai oleh Hamdan Malik tersebut akan dibagi dalam dua kategori, yakni kategori pameran dan kategori kontes, untuk pameran dipastikan akan sangat menarik animo masyarakat, pasalnya dalam kegiatan yang akan di tempatkan di halaman kantor perpustakaan daerah ( Rujab Bupati lama, red) tersebut akan menampilkan koleksi-koleksi batu mulia dari sejumlah penggiat, pedagang maupun kolektor batu mulia, kata Hamdan saat dikonfirmasi usai melakukan rapat bersama panitia di rujab Bupati Mamuju ( Sabtu, 25 Apri l2015). Sedangkan untuk kontes akan dibagi dalam dua kategori, yakni kontes batu mulia lokal Sulawesi barat dan kontes perajin batu cincin. Dijelaskan untuk kontes perajin batu cicin jenis lombanya terbilang unik, dimana seluruh peserta akan di uji kemampuannya untuk melakukan proses pembuatan batu, mulai dari bokahan hingga berbentuk batu cincin seindah mungkin, “ jadi seluruh peserta akan mendapat batu yang sama dari panitia untuk diolah, penilaiannya dari segi keindahan dan bukan dari kecepatan membuat” tandas Hamdan.
Pembina kegiatan H. Suhardi Duka mengatakan, SDK Manakarra Gemstone Expo 2015 dilaksanakan termotifasi dari animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap kerajinan batu mulia, selain itu kegiatan yang di dukung oleh organisasi Mandar Pencinta Akik ( MAPIA) ini juga bertujuan untuk lebih mengeksplorasi sekaligus memperkenalkan keindahan batu lokal yang dimiliki Mamuju secara khusus dan Sulawesi barat secara umum, menurut pria yang sejak lama telah menyukai batu mulia ini, batu lokal Mamuju seperti batu ngalo sebenarnya memiliki kualitas tidak kalah dengan batu-batu akik lain yang telah tersohor seperti batu bacan maupun batu panca warna, namun hingga kini keindahan dan keunikan dari batu ngalo belum terpublikasi dengan baik “ kalau ke jakarta, tas saya tidak pernah kosong dari batu ngalo, itu untuk saya berikan ke teman-teman pejabat di jakarta dan mereka sangat menyenangi batu ngalo” ulas SDK. Melalui pameran dan kontes yang akan dilaksanakan, Suhardi Duka berharap keindahan dan keunggulan batu lokal akan terus tercium keluar daerah, sehingga secara tidak langsung akan menjadi ruang usaha masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonominya “ dulu harga bongkahan batu akik hanya sekitar lima ribuan, setelah demam batu akik menggeliat harganya sudah meningkat,kita mau trend ini terus meningkat, menyusul promosi yang kita lakukan, sehingga masyarakat akan lebih sejahtera” pungkas SDK.

(AD)

Comments

comments

Check Also

Bikin Heboh Hijab ‘Pocong’ untuk Trend Lebaran, Apakah Anda Berani Mencobanya ??

Kandoranews.com – Para desainer dituntut untuk selalu berinovasi merancang karya baru. Demikian pula dengan para desainer hijab, …

Adventorial