Tuesday , March 19 2019

Elegi Buat Husni Kamil Manik

Kaki Langit, kandoranews.com – Kita memang tidak sangat akrab, sebagaimana komisioner dari daerah yang sering bertemu Ketuanya di Jakarta. Yang mesti saya katakan, almarhum memiliki gurat wibawa yang cukup kuat, walau usianya lebih muda (lahir 1975). Namun setiap sapaan, pertanyaan selalu dijawabnya dengan sejuk juga ramah.

Husni Kamil Manik memiliki raut yang teduh, meski suka melemparkan canda yang menggugah. Saya masih mengingat dengan baik, bagaimana engkau bersama Komisioner KPU RI lainnya memimpin prosesi pleno Rekapitulasi Nasional Pemilu 2014, meski semua orang dirundung lelah, amarah, emosi, tetapi suasana Imam Bonjol tetap saja adem. Kami amat salut atas semua itu.

Sesuai namamu Husni, kini amat banyak komentar yang menyaksikan makna kebaikan yang engkau tinggalkan. Kesempurnaan, Kamil, Allah Swt memanggilmu di puncak karirmu, dan itu digenapi pada hari kedua Syawal 1437 H. Almarhum ibarat permata, Manik, bagi seluruh jajaran KPU di negeri ini, Bintang Penegak Demokrasi bukanlah hadiah tetapi kehormatan bagi semua.

Terakhir kita bersua dan cukup lama bersenda gurau, foto bersama saat penanaman pohon demokrasi di hutan kota Jambi. Air muka yang teduh itu memang dibalur garis lelah, mungkin akibat beban pekerjaan dan tanggung jawab dari sebuah lembaga negara yang mengurus hal ikhwal demokrasi di negeri ini. Meski kami terasa kelewatan bercanda, engkau tetap saja tersenyum dan menggelengkan kepala.

Telepon dari staf semalam, membuyarkan rehat malam di sela lebaran Idul Fitri ini. Saya seolah tak percaya, kabar yang terasa amat cepat dan masih meliputi pertanyaan di banyak benak. Tetapi kematian memang tak bisa dihindarkan, sebab kerap datang tiba-tiba tak memerlukan kata pamit.

Izinkan kami mengantarmu dengan doa-doa penuh dari seluruh penjuru Indonesia. Mohon maaf kami tak bisa ikut mengusung kerandamu siang ini, tetapi yakinlah Allah Swt Maha melihat kesedihan Kami. Negeri ini berkabung, Bumi Pertiwi selalu menangisi kepergian putera terbaiknya. Selamat Jalan Bang Husni Kamil Manik.

Kami akan tetap menjaga nilai-nilai demokrasi yang terus Kita tegakkan di Republik ini. Selamat bertemu Tuhanmu…(*)

#KPUBerduka
ADI ARWAN ALIMIN
Sulawesi Barat, 3 Syawal 1437 H/8 Juli 2016

(um/ra)

Check Also

Dewan Tersandera

Oleh : DR. H. Suhardi Duka OPINI, kandoranews.com – Tersangkanya empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) …