Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Saturday , October 20 2018

Dit Polair Polda Sulbar Ajak Masyarakat Lestarikan Mangrove

MAMUJU, kandoranews.com – Wilayah Sulawesi Barat dengan bentangan pesisir pantainya telah banyak mengalami abrasi yang disebabkan oleh ombak, arus kencang serta pasang surut air laut. Melihat hal tersbut Dir Polar Polda Sulbar terus mengajak masyarakat untuk ikut berperan dalam pelestarian mangrove.

Abrasi pantai akibat ombak tersebut mengakibatkan beberapa tempat menjadi tergerus karena  tidak adanya penahan seperti tembok dan hutan bakau atau mangrove. Mangrove adalah salah penahan abrasi karena Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut.

Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.

Dimulai dari salah satu tempat wisata mangrove yang ada di Mamuju Sulawesi Barat, Ditpolair Polda Sulbar terus mengajak masyarakat untuk peduli mangrove serta melestarikan hutan mangrove dan kemudian akan menularkannya ke masyarakat lainnya.

Kegiatan ini juga diharapkan mendapat dukungan dari para stakeholder yang ada antara lain dinas Kehutanan, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan serta seluruh masyrakat,ujar dirpolair Kombes Toni Ariadi.

Untuk memulai ini Ditpolair mendatangi masyarakat yang peduli dan mau melestarikan hutan mangrove antara lain pak Abdul rajab dan Pak Munajib yang peduli dengan hutan mangrove.

Kegiatan yang dilakukan keduanya adalah dengan membentuk mangrove menjadi tempat wisata, melakukan pembibitan mangrove dan menanam kembali mangrove ketempat-tempat yang dapat tumbuh mangrove.

Kegiatan yang dilakukan keduanya harus diapresiasi dan harus diberikan penghargaan karena telah menjaga lingkungan dan ekosistem serta kelestarian hutan mangrove. demikian Dirpolair Polda Sulbar Kombes Pol Toni. (ra/fa)

Comments

comments

Check Also

BPK Sulbar, WTP Bukan Jaminan Tak Ada Korupsi

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Guna memberikan pemahaman lebih lanjut atas tugas dan fungsi BPK serta opini BPK …

Adventorial