Wednesday , May 23 2018

Demokrat Mudahkan Penyusunan Komposisi Caleg dengan Silon

JAKARTA, KANDORANEWS.com – Gelaran Pemilu menyisakan waktu yang terbilang tidak lama lagi. Sejumlah partai politik pun terus berbenah, menyiapakan langkah taktis guna meraup dukungan suara sebanya-banyaknya di momentum lima tahunan itu.

Partai Demokrat salah misalnya. Menyongsong Pemilu 2019 mendatang, partai ‘bintang mercy’ tersebut kini sedang mematangkan sistem penyusunan bakal Caleg untuk kursi DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. Aplikasi khusus pun telah diluncurkan Demokrat sebagai panduan plus kemudahan para bakal Caleg.

“Jadi hari ini, DPP Demokrat itu menggelar workshop tentang aplikasi ini. Seluruh perwakilan DPD Demokrat dari seluruh provinsi hadir untuk diberi pemahaman seputar aplikasi tersebut,” ujar Sekretaris DPD Demokrat Sulawesi Barat, Abdul Wahab Abdi saat ditemui di sela-sela workshop di kantor DPP Demokrat, Jl. Proklamasi No.41, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/05).

Oleh partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu, aplikasi yang dimaksud dinamai Silon (Sistem Informasi Calon). Menurut Wahab, aplikasi tersebut dipastikan memberi kemudahan pada mekanisme pencalonan dan penentuan komposisi Caleg.

“Lewat aplikasi ini, akan lebih mudah kita. Sebab semua hal yang berkaitan dengan persyaratan pencalonan, semua ada dalam aplikasi tersebut. Dan ini dimonitor langsung oleh DPP Demokrat,” sambungnya.

Silon sendiri merupakan aplikasi yang juga bakal diintegrasikan dengan aplikasi pencalonan peserta Pemilu yang dalam waktu dekat bakal digunakan oleh KPU RI.

“Ini juga jadi hal yang penting, khususnya kami di daerah. Aplikasi ini bisa kita manfaatkan sebagai bank data bagi seluruh bakal Caleg di Sulbar,” simpul Abdul Wahab Abdi.

Untuk informasi, DPD Demokrat Sulawesi Barat mengutus dua orang operator untuk mengikuti worshop aplikasi Silon itu. Workshopnya sendiri rencananya digelar selama sehari di kantor DPP Demokrat.
(Ra/Naf)

Comments

comments

Check Also

Salim-Marwan Bakal Tolak Jika Metode Debatnya Begini

POLMAN, KANDORANEWS.com – Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Polman Nomor urut 1 Salim S Mengga-Marwan …

Adventorial