Saturday , August 18 2018

Debat Putaran Akhir, SDK Kembali Tegaskan KPU, Bawaslu Maupun Polisi Harus Netral

JAKARTA, kandoranews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat yang menggelar debat publik putaran terakhir di Jakarta malam tadi, SDK kembali tegaskan soal netralitas penyelenggara pilgub, tak terkecuali pihak keamanan.

Dialog yang berjalan cukup alot malam tadi tak hanya menyuguhkan materi visi dan misi calon saja tetapi juga beradu konsep dan strategi pembangunan yang akan dijalankan ketika meraka terpilih nantinya. Debat malam tadi menjadi panggung akhir bagi setiap paslon untuk beradu konsep dan visi-misi pembangunan yang disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui salah satu stasiun TV swasta.

Isu netralitas penyelenggara dalam setiap perhelatan pesta demokrasi tentu menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, sebab pesta demokrasi secara subtansi adalah memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk menentukan masa depan bangsa, negara maupun daerahnya masing-masing. Bukan ditentukan oleh tangan-tangan penguasa melalui penguasaan terhadap penyelenggara baik itu KPU, Bawaslu maupun pihak Kepolisian dan lain sebagainya.

Memasuki sesi akhir debat, moderator yang memberikan kesempatan kepada setiap pasangan calon untuk memberikan pernyataan penutup sebagai komitmen setiap paslon dalam melaksanakan pemilukada damai tanpa money politic, menjadi paparan akhir bagi setiap paslon untuk mengakhiri debat.

Cagub nomor urut 1 Suhardi Duka (SDK) kembali menegaskan agar semua penyelenggara pemilukada ini baik KPU, Bawaslu maupun Polisi serta seluruh masyarakat untuk tetap menjunjung tinggi kejujuran dan memilih berdasarkan hati nurani tanpa intimidasi dari pihak manapu.

“Saya berharap semua pihak dapat menjaga netralitasnya dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini, baik itu KPU, Bawaslu, Polisi serta seluruh masyarakat untuk tetap menjunjung tinggi kejujuran dan memilih berdasarkan hati nurani tanpa intimidasi dari pihak manapu.” tegas SDK saat menyampaikan penyataan penutup pada sesi akhir debat.

SDK menambahkan bahwa pihaknya akan selalu taat pada setiap aturan dalam pelaksanaan Pilgub 2017 ini. “Kami akan selalu taat pada setiap aturan dalam pelaksanaan pilgub ini.” tutup SDK. (ra/fa)

Comments

comments

Check Also

Wakil Bupati Mamuju Apresiasi Pameran UMKM

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan SP Pababari mengakui dengan adanya pameran Usaha Mikro …

Adventorial