Wednesday , December 19 2018

Catat, Ini Pesan Presiden di Pembukaan Jamnas X

Jakarta, kandoranews.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi membuka Jambore Nasional (Jamnas) X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu (14/08) pagi. Dengan menabuh gendang, Presiden menegaskan ajang yang secara khusus digelar untuk memperingati hari jadi Pramuka yang ke-55 tahun itu dibuka secara resmi.

Dalam sambutannya, Joko Widodo berpesan agar seluruh pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam organisasi ‘tunas kelapa’ itu untuk menjadikan hari jadi Pramuka sebagai momentum pembelajaran bagi generasi muda di seluruh Indonesia. Terlebih dengan kondisi kekinian Bangsa Indonesia yang terus berhadapan langsung dengan beragam tantangan dan hambatan yang kian kompleks.

“Jamnas kali ini, saya berharap agar dapat dijadikan komentum pembelajaran bagi segenap generasi muda kita. Tantangan yang dihadapi masyarakat kita saat ini cukup besar, olehnya kita dituntut untuk mampu memiliki daya saing sekaligus produktivitas yang tinggi,” kata Joko Widodo.

Presiden juga menegaskan pentingnya generasi muda yang tangguh sekaligus memiliki kepekaan tinggi terhadap lingkungan di sekitarnya. Berkemampuan untuk ikut aktif dalam menyesuaikan diri pada perkembangan tekhnologi dan informasi yang semakin cepat.

“Jalankan dasa dharma Pramuka setiap hari dengan baik. Jadilah generasi muda yang kuat, tangguh, anak muda yang penuh optimisme, pantang menyerah, sekaligus mencintai sesama, menjaga sopan santun serta berbudi pekerti luhur. Pramuka juga harus mampu mengikuti kemajuan tekhnologi informasi yang semakin cepat,” cetus Joko Widodo.

Saat secara resmi membuka Jamnas X, Presiden Joko Widodo turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi, Ketua Kwartir Nasional, Adhyaksa Dault, serta sejumlah pengurus Kwartir Nasional lainnya.

Jamnas X sendiri diikuti oleh seluruh Kwartir Daerah (Kwarda) se Indonesia. Sebanyak 34 Kwarda dari 34 Provinsi ikut ambil bagian dalam agenda nasional tersebut. Tak kurang dari 9 negara sahabat juga ikut serta dalam kegiatan besar organisasi ‘tunas kelapa’ itu.

Kwarda Sulawesi Barat mengikutsertakan 223 peserta dari tingkat penggalang. Mereka datang dari 6 Kwarcab perwakilan dari semua kabupaten di Sulawesi Barat. Rombongan Kwarda Sulawesi Barat dipimpin oleh 11 pimpinan kontingen daerah, dan 24 pimpinan kontingen cabang. (*)

(ra/fa)

Check Also

Evaluasi Ekonomi 2018 dan Outlook 2019: Ekonom Mengapreasiasi Keberhasilan Pemerintah Kendalikan Inflasi

MAKASSAR, KANDORANEWS.com – Perkembangan inflasi secara nasional dalam empat tahun terakhir menunjukkan kecenderungan yang semakin …