Sunday , April 21 2019
caramasukdiugm
caramasukdiugm

Cara mudah masuk UGM tanpa tes

KandoraNews.com–  Cara Masuk di UGM tentu bukanlah pekerjaan gampang. Jika anda lolos masuk UGM tentu masa depan anda sudah keliatan akan cerah. Kebanggaan dan kesempatan karir yang luas sudah ada di genggaman. Yang paling perlu kamu pikirkan saat ini adalah gimana caranya masuk UGM. Kalo perlu tanpa tes. Asyik bukan? Simak ulasan berikut ini:

Masuk UGM Jalur SNMPTN  untuk S-1

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)adalah jalur paling popular berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya selama di SMA/SMK/MA/MAK sesudai dengan jurusan yang diambil.

Jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU) untuk S-1

UGM menyelenggarakan empat program Penelusuran Bibit Unggul (PBU) yang tentunya tanpa tes tulis yaitu:

PBU Tidak Mampu (PBUTM)

PBU Kemitraan (PBUK)

PBU Berprestasi (PBUB)

PBU Olahraga & Seni (PBUOS)

Jalur PBU untuk D3 dan D4

Bagi kalian yang ingin menjadi praktisi di industry yang ingin digeluti, bisa ambil program D3 atau D4 dan UGM juga menawarkan 4 jalur PBU yaitu:

PBU Tidak Mampu (PBUTM)

PBU Kemitraan (PBUK)

PBU Berprestasi (PBUB)

PBU SMA/SMK/MA (PBUSMAK)

Celakanya banyak diantara calon mahasiswa maupun orang tua yang sama sama tidak tahu informasi khususnya terkait hal mendasar berikut ini:

Belum tahu daya tampung masing-masing jalur.

Perlu kalian ketahui bahwa SNMPTN (prodi S1) dan PBUSMAK (prodi Diploma) punya daya tampung yang paling tinggi dibanding PBU lainnya. Perlu kalian tahu bahwa daya tampung PBUTM memang terbatas karena biaya kuliahnya digratiskan total, jadi kamu mesti cari info detil berapa kuota yang tersedia.

Belum memahami perbedaan D3 dengan D4,

Ini yang sering membuat mahasiswa gagal dalam belajar akibat salah jurusan dan program studi yang diambil. D3, D4 dan S1 punya karakteristik yang berbeda sesuai dengan tujuan program. Prodi D4 itu setara dengan S1. Untuk prodi D4, atau sering disebut S1 Terapan, lulusannya bisa langsung melanjutkan ke program S2 Terapan, bahkan banyak program S2 di luar negeri yang mau menerima lulusan D4.

 

Check Also

Kapolda Sulbar Terus Himbau Jaga Kondusifitas Pasca Pemilu

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Ucapan terima kasih Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs Baharudin Djafar kepada seluruh …