Thursday , December 14 2017

Bupati Paparkan Tujuan Peringatan Hari Lahir Rasulullah

MAMUJU, kandoranews.com – Salah satu peringatan yang rutin dilakukan umat Islam setiap tahunnya adalah Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam (SAW), peringatan ini dimaksudkan untuk memperingati hari kelahiran sang pemimpin Ummat yang lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal pada penanggalan Hijriah.

Untuk memperingati hari lahir Rasulullah SAW. tersebut, Pemerintah Kabupaten dengan bekerja sama dengan Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan jajaran Dinas Dikpora Kabupaten Mamuju menggelar acara tersebut yang dipusatkan di Pelataran Kantor Bupati Mamuju pada Rabu (06/11).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid memaparkan tiga tujuan dari peringatan kelahiran Rasululullah SAW.

“Pada hakikatnya, ada tiga tujuan yang ingin kita capai dari peringatan kelahiran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, yang pertama dengan dilahirkannya Nabi Muhammad kita telah memiliki panutan yang telah menyiarkan ajaran islam, tentu kita harus mencintai sang pemimpin umat tersebut, yang kedua, tentu selaku umat Islam kita harus mencontoh atas apa yang telah dilakukan Rasulullah, dimana beliau telah sukses mentransformasi umat dizamannya dari zaman jahiliyah ke zaman yang beriman, untuk sekarang kita harus bertransformasi dari hal yang kurang baik ke hal yang lebih baik lagi, dan yang ketiga, umat Islam sekarang harus melestarikan dari ajaran yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallalahu ‘Alaihi Wa Sallam” terang Habsi Wahid.

Selain itu, acara peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.  juga diadakan lomba menghias Tiri’ tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan tingkat Gugus Depan.

Pada tingkat OPD, Juara 1 diraih oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Arsip Daerah dengan nilai 269. Dan disusul juara 2 Badan Pendapatan Daerah dan juara 3 diperoleh Dinas Kopersai dengan masing-masing nilai 242 dan 240. Sementara untuk Juara Favorit dan berhak mendapatkan satu tiket pesawat gratis dari Maskapai Sriwijaya Air perjalanan dari Mamuju Makassar, diperoleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sementara untuk tingkat SMP juara 1 diraih SMPN I Mamuju, juara 2 SMPN 1 Kalukku dan juara 3 diraih SMP.N 3 Kalukku. Dan untuk gugus depan, juara 1 diraih Gugus Melati Mamuju, juara 2 diraih KCD Tapalang dan juara 3 diraih Gugus Melati Simboro. (Hms.hasran/ra).

Comments

comments

Check Also

Indeks Demokrasi Indonesia Sulbar Capai Angka 72,37

MAMUJU, kandoranews.com – Sistem politik Indonesia dewasa ini sedang mengalami proses demokratisasi yang membawa berbagai konsekuensi …