Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Friday , September 21 2018

Bupati Mamuju sambut tawaran kerjasama kongen Amerika disektor pendidikan

KandoraNews.com

HMS . Dian Hardianti Lestari.

Hubungan kerjasama yang dijalin antara pihak Millenium Challenge Corporation (MCC) Amerika Serikat dengen Pemerintah Indonesia terus terjalin. Terkhusus di Kabupaten Mamuju, terdapat empat program kerjasama yang sementara berlangsung. Dimana program tersebut dikelolah oleh Millenium Challenge Acount-Indonesia (MCA-I) sebagai perwakilan pihak MCC di Indonesia. Empat program yang menerima dana hibah dari MCA-I adalah pertama pengadaan barang dan jasa melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP), kedua disektor kesehatan yang menangani masalah kebutuhan gizi dan kebutuhan nutrisi anak yang tidak tumbuh normal sesuai tinggi rata-rata anak usianya, ketiga disektor pertanian yang menangani masalah kakao. Serta keempat dibidang energi listrik yang ada di Pulau Karampuang.

Saat Konsul Jendral Amerika Serikat di Surabaya, Joaquin F. Monserrate berkunjung ke Kabupaten Mamuju, Senin, 30 Maret 2015, ia kembali menawarkan program dibidang pendidikan. Dimana program tersebut memberikan kesempatan bagi sisawa(i) Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berprestasi dan mampu berbahasa inggris untuk mengenyam pendidikan di Amerika selama satu tahun.

“selain program kesehatan, lingkungan dan pemerintahan, kami juga punya program pendidikan, kalau ada anak disini yang sudah mampu berbahasa inggris, yang setingkat dengan SMA mereka bisa dapat beasiswa ke Amerika, selama satu tahun disana dan bisa masuk high school disana.” Sebut Joaquin F. Monserrate, saat melakukan ramah tamah dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju di Ruang Kerja Bupati Mamuju.

Ia menambahkan, untuk wilayah Indonesia, pihaknya menginginkan kurang lebih 100 anak yang dikirim ke Amerika. Menurutnya, Sulawesi Barat memiliki potensi dan kesempatan yang besar.

Selain program pendidikan, pihaknya juga memberi ruang bagi aparatur negara seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk berkesempatan menimba ilmu di Negeri Paman Sam selama 3 bulan.

Melihat kerjasama dengan pihak MCC Amerika pada program sebelumnya terbilang sukses, Bupati Mamuju, Dr. H. Suhardi Duka menyambut tawaran tersebut. Ia menguraikan, program ULP yang telah diimplementasikan sejak kurang lebih 4 tahun telah memberikan pengaruh yang cukup positif dalam pelaksanaan pembangunan. Olehnya itu, ia tertarik untuk menjajaki program pendidikan yang ditawarkan Kongen Amerika tersebut.

“kami mungkin akan menjajaki lebih lanjut terhadap anak SMA yang mendapat kesempatan sekolah di Amerika. Jadi anak SMA yang kelas dua atau kelas tiga kita kirim ke Amerika untuk sekolah disana selama satu tahun, jadi dia tamat sekolah di Amerika, dia bisa langsung cari perguruan tinggi disana atau kembali ke Indonesia. kalau itu bisa terjadi, tentu sangat membantu” papar Suhardi Duka.

Selain itu, mengenai kesempatan PNS menimba ilmu di Amerika selama 3 bulan, Suhardi Duka berkomentar bahwa ia tertarik dengan program tersebut, menurutnya jangka waktu 3 bulan itu sangat berpengaruh besar, dan tentu akan dapat mengimplementasi berbagai inovasi ketika kembali ke Indonesia.

“pegawai yang punya prospek katakanlah pegawai yang usianya dibawah 40 tahun, kita kirim untuk pendidikan 3 bulan ke Amerika, itu sangat berpengaruh setelah ia kembali ke Indonesia, ia akan mengimplementasikan berbagai inovasi, karena saya sudah rasakan, saya hanya 40 hari di Harvard, setelah saya tiba di Indonesia, banyak sekali hal yang bisa saya lakukan.” Pungkas Suhardi Duka.

(AD)

 

Comments

comments

Check Also

Resmi, KPU Mamuju Umumkan DCT Pileg 2019

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Mamuju resmi umumkan Daftar Calon Tetap (DCT) …

Adventorial