Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Thursday , October 18 2018

Bupati Mamuju Isyaratkan Pentingnya Menjaga Stabilitas Pangan

MAMUJU, KANDORANEWS.com – Gelar pangan daerah yang berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra, secara resmi dibuka oleh bupati Mamuju, H. Habsi Wahid Dalam sambutannya, Habsi Wahid menyebut bahwa perlu upaya strategis dalam pencapaian ketahanan pangan di kabupaten mamuju, mengingat jumlah jiwa terjadi peningkatan 2,4 persen dari tahun 2015 ke tahun 2016, sementara ketersediaan lahan dan air semakin terbatas jumlahnya yang tentu akan berdampak kepada ketersediaan kebutuhan pokok khususnya beras.

Menurutnya, hal tersebut mengisyaratkan bahwa dalam upaya menjaga stabilitas ketahanan pangan tidak harus terfokus pada komoditas pokok saja berupa beras, tetapi perlu ada upaya strategis dalam pencapaian ketahanan pangan diantaranya penganekaragaman dengan mendorong dan menyosialisasikan kegiatan diversifikasi pangan berdasarkan kearifan lokal, keunggulan komparatif dan budaya masyarakat sehingga masyarakat mau menvariasikan makan pokok yang dihasilkannya dalam memenuhi ketersediaan pangan dan gizi yang cukup.

“Penyelenggaraan kegiatan gelar pangan daerah ini merupakan salah satu upaya untuk semakin mengintensifkan pemberdayaan pangan lokal dalam mendorong pemenuhan pangan di kabupaten Mamuju. Upaya ini hendaknya semakin menyadarkan dan menggerakkan kita semua untuk dapat senantiasa mendayagunakan potensi pangan lokal dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan.” Paparnya.

Lebih lanjut Habsi menambahkan bahwa perwujudan ketahanan pangan di Kab. Mamuju merupakan tanggung jawab bersama yang harus dilaksanakan bagi keberlanjutan kehidupan manusia dalam upaya membangun kemandirian pangan dengan meningkatkan daya saing berbasis sumber daya lokal.

Sekedar diketahui, dalam kegiatan Gelar Pangan Daerah, Dinas Ketahanan Pangan Mamuju bekerjasama dengan TP. PKK Kab. Mamuju menggelar Lomba Cipta Menu antar Kecamatan se Kab. Mamuju. Adapun pemenang lomba diraih oleh Kecamatan Sampaga. (Dian/Ra)

Comments

comments

Check Also

Didik Wawasan Kebangsaan, Babinsa Kodim 1402/Polmas Sasar Sekolah di Desa

Laporan : Zaenal POLMAN, KANDORANEWS.com – Anggota Babinsa Jajaran Kodim 1402/Polmas Serda Andis masuk ke …

Adventorial