Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Saturday , November 17 2018

Berpuasa Tak Kurangi Antusias ASN Mamuju Meriahkah Hari Lahir Pancasila

MAMUJU, kandoranews.com – Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017 bertepatan masuknya hari ke 5 Puasa di Bulan Ramadhan 1438 H. Ternyata tidak mengurangi antusias para ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk hadir memeriahkan Hari Lahir Pancasila dengan melaksankan upacara bendera yang berlangung di halaman Kantor Bupati Mamuju.

Upacara yang dihadiri Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari, Kapolres Mamuju AKBP. Muhammad rifai, Dandim 1418 Mamuju Letnan kolonel Arhanud M Imran, Kepala Kejaksaan Negeri Mamuju Muhammad Rabith, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab. Mamuju serta seluruh peserta upacara.

Irwan SP Pababari yang menjadi Inspektur Upacara mengingatkan melalui sambutan Presiden RI dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman.

Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman, dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. ltulah ke-bhinneka tunggal ika-an kita.

Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalah gunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.

Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama,ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyaraka tuntuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Katanya.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita lndonesia, Kita Pancasila. Semua Anda lndonesia, semua Anda Pancasila. Saya lndonesia, Saya Pancasila. Tutup, Wakil Bupati Mamuju di akhir Sambutan Presiden RI Joko Widodo. (Ra/Fa)

HMS. Lisa Sari Dewi Hasanuddin

Comments

comments

Check Also

Sambut Hari Juang Kartika, Personel Kodim Polmas Bersihkan Rumah Ibadah

POLMAN, KANDORANEWS.com – Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2018, Anggota Kodim 1402/Polmas bersama …

Adventorial