Thursday , December 14 2017

ABM Sebut Pentingnya Konektivitas Antar Wilayah

MAMUJU, kandoranews.com – Konektivitas antar wilayah dalam peningkatan layanan publik menjadi salah satu hal penting dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat. Hal Itu disampaikan Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar saat menyampaikan sambutan pada acara Rapat Kerja Bidang Perhubungan yang berlangsung di Ballroom Hotel Maleo Mamuju, Kamis (23/11).

Konektivitas antar wilayah melalui pembangunan infrastruktur perhubungan Provinsi Sulawesi Baratjuga merupakan visi Gubernur-Wagub Sulbar, menuju masyarakat Sulbar yang Maju dan Malaqbiq, dan sesuai dengan RPJMD yang telah disepakati bersama. Selain itu, sektor transportasi bertujuan untuk mendorong pembangunan sektor lain dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sulbar.

“Mari kita sama sama membangun, jangan saling menghalangi, mari kita jalan sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Untuk itu, diharapkan evaluasi agar Sulbar dapat maju di segala bidang sejajar dengan daerah maju lainnya ” ungkap Ali Baal Masdar.

Masih kata Ali Baal, dalam mewujudkan visi misi pemerintahannya bersama Gubernur dan Wagub Sulbar, ada beberapa poin yang menjadi fokus perhatian. Antara lain, membangun perekonomian yang diwujudkan dengan membangun infrastruktur, membangun permodalan, dan membangun pemasaran serta meningkatkan peralatan.

“Membangun sarana dan prasarana seperti jalan dan jembatan, perairan dan bandar udara, dengan demikian terjadi konektivitas antar wilayah. Selain itu, juga harus didukung dengan membangun permodalan, dengan cara meyakinkan perbankan dan lembaga permodalan lainnya untuk memberikan modal kepada masyarakat. Dengan demikian, bisa mendorong perekonomian masyarakat menjadi lebih maju. Yang paling penting tidak berebutan, agar masyarakat leluasa mengembangkan kreatifitasnya. Sedangkan untuk membangun peralatan yang memadai, perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas petani dan tenaga kerja,” tambah ayah dua anak tersebut.

Dalam melanjutkan pembangunan Sulbar, Ali Baal mengharapkan kontrol dari semua pihak, temasuk LSM dan pers, sehingga pemerintahan tetap berjalan sesuai yang dicita-citakan.

“Kita berjalan perlahan-lahan tapi pasti. Mari bersama membangun sinergitas demi kemajuan Sulbar kedepan” tandasnya.

Kadis Perhubungan, Khaeruddin Anas pada kesempatan tersebut mengungkapkan, raker tersebut bertujuan agar penyelenggaraan pemerintahan, terutama sektor perhubungan diharapkan dapat ikut menyumbang secara nyata peningkatan ekonomi masyarakat Sulbar, sebagai bagian dari visi misi Gubernur-Wakil Gubernur yang harus terwujud dalam lima tahun kedepan.

“Kami membuka ruang kepada seluruh instansi dan pemerintah kabupaten untuk bersinergi bersama dapat menjadi kesatuan yang utuh untuk berbenah bersama demi peningkatan ekonomi Sulbar, maka dari itu dibutuhkan masukannya dan semoga kegiatan ini bermanfaat” ungkapnya.

Khaeruddin juga meminta kebijakan semua stakeholders untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan pelayanan dan memperhatikan kesenjangan fasilitas yang masih ada di Sulbar.

“Sesuai harapan Gubernur, juga berdasarkan RPJMD, mari kita melengkapi infrastruktur yang ada seperti pelabuhan, bandar udara dan sektor perhubungan darat. Kepada stakehokder lainnya, kami sudah membangun beberapa kerjasama, mari kita lanjutkan agar ekonomi kita dapat lari sesuai harapan kita,” tambah Khaeruddin.

Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, Kasi Bimtek Pengelolaan Bandar Udara Kementrian Perhubungan , Jermanto Setia Kurniawan, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT. Pelni, Harry Boediarto, Kasubdit Angkutan Udara Niaga dan Tidak Niaga, Ubaedillah.

Hadir pada rapat kerja tersebut, Wabup Majene, Lukman, Forkopimda Provinsi dan Kabupaten, para pimpinan OPD Provinsi dan Kabupaten, Kementrian Perhubungan, Pimpinan PT. Pelni, Pimpinan PT. Pelindo, para pimpinan BUMN, perwakilan HIPMI, Kepala BPS Sulbar, Suntono, Wakil pimpinan BI, Tri Adi Riyanto, Jajaran Dinas Perhubungan, para camat, lurah dan desa. (Hms. Fadilah/Ra)

Comments

comments

Check Also

Indeks Demokrasi Indonesia Sulbar Capai Angka 72,37

MAMUJU, kandoranews.com – Sistem politik Indonesia dewasa ini sedang mengalami proses demokratisasi yang membawa berbagai konsekuensi …