Sunday , December 16 2018

Hukum Dan Keadilan Berebut Kuasa,Direpublik Maling.

KandoraNews.com

Oleh : Santa (Aktivis Kopel RI)

Hukum adalah seperangkat aturan-aturan yang mengikat dan memiliki muatan kepastian,kesosialan,dan unsur filosofis didalam kerangka operasionalnya. obyek hukum sesungguhnya ada pada posisi mengawasi perilaku manusia dan memberi tafsir bahwa manusia bersalah atau tidak,menyimpan atau tidak dari aturan-aturan Hukum. Didunia ini hampir seluruh Negara mengadopsi sistem Hukum Positifistik yaitu selalu bertolak dari paham teks atau aturan tertulis, apa yang diperintahkan tulisan hukum maka itulah hukum. Sementara Keadilan adalah konsep yang dependen dalam diskursus wacana Penerapan Hukum dan Keadilan.paham ini berangkat dari analisis ataupun hipotesa bahwa keadilan dalam konteks duniawi selalu menghendaki instrumen pelaksanaan dalam diskursus ini yang dimaksud dengan instrumen penerapan antara lain: 1. Hukum sebagai sumber keterangan
2.Pelaksana Hukum sebagai pilar jalan dan tegaknya Hukum
3.Situasi/Penguasa sebagai variabel mempengaruhi jalannya Proses Hukum
Menurut Prof.Dr.Moh.Mahfud MD. bahwa Hukum dan keadilan dalam tinjauan teori-teori Hukum mutakhir ada kecenderungan Hukum dan keadilan menghendaki suatu perbedaan yang prinsipil, dimana hukum selalu menghendaki kesamaan formulasi sementara keadilan selalu menghendaki penerapan hukum secara subtantif. dalan diskursus wacana hukum dan keadilan inilah saya mengambil hipotesa bahwa hukum dan keadilan berebut kuasa direpublik “Maling”.
suatu contoh wajah hukum indonesia dalam kasus nenek asyani warga situbondo yang sudah tua renta berusia 70 tahun harus menerima vonis bersalah dari hakim pengadilan situbondo dengan dengan kurungan penjara 15 bulan ditambah denda 500 juta hanya karena dituduh mengambil kayu bakar sebanyak tuju batang dikawasan hutan untuk keperluan rumah tangga atau domestik. kini saya berkesimpulan bahwa hukum dan keadilan berebut kuasa direpublik maling sebab para koruotor yabg nilai kerugian materil akibat tindakannya hukumannya hanya biasa-biasa saja.

Check Also

Menuju Pemilu 2019; Partai dan Elektabilitas Caleg

Oleh : DR. H. Suhardi Duka (Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat) OPINI, KANDORANEWS.com – Pada …