Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Monday , November 19 2018

warga wni enggan di evakuasi di yaman

KandoraNews.com

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) berupaya mengevakuasi para warga negara Indonesia (WNI) dari Yaman, seiring dengan memburuknya situasi konflik di negara itu. Namun, sebagian WNI itu malah menolak untuk dipulangkan karena beralasan masih aman.

“Kebanyakan dari mereka mengatakan ‘Kalau sudah perang baru mau dipulangkan’,” jelasDirektur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia (BHI) Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal, kala ditanya apakah ada WNI yang belum bersedia dipulangkan.

Hal itu disampaikan Iqbal saat menunggu kedatangan para WNI dari Yaman di Common Lounge Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu (5/4/2015) siang. Salah satu pihak yang belum bersedia dievakuasi adalah anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Yaman.

“PPI membuat pernyataan tidak mau dievakuasi karena di sana masih merasa aman. Ini kan sudah upaya preventif kita agar sebelum timbul perang dan keadaan yang tidak kondusif maka‎‎ kita mengimbau mereka untuk pulang,” imbuhnya.

Kemlu sebenarnya sudah mendesak pada PPI untuk dievakuasi pada 1 April 2015 karena kondisi Yaman semakin labil. Namun, saat itu PPI malah membuat pernyataan tak mau dievakuasi.

“Dan PPI, mereka membuat pernyataan untuk tidak ingin di evakuasi.‎ Tapi tanggal 2 April-nya timbul serangan lagi,” imbuhnya.

pihak kami tidak bisa membuat target untuk memulangkan semua WNI. Namun, kita tetap bertanggung jawab pada semua kondisi WNI di Yaman. kunci kemlu saat dikonfirmasi oleh pihak Merdeka.com

Post (AD)

 

Comments

comments

Check Also

Istana Dorong Pembenahan Sistem Anti Suap Sektor Swasta

Laporan : Abraham Wirotomo (0812 993 56 888) OSAKA, KANDORANEWS.com – Presiden menginstruksikan adanya suatu …

Adventorial